in

Gelar Hajatan Harus Patuhi Protokol Kesehatan

MUSIRAWAS,Silmed.id – Masuk ke era new normal, masyarakat Musi Rawas diperkenankan mengelar hajatan, namun tetap mematuhi protokol kesehatan. Demikian disampaikan juru bicara gugus tugas Covid-19 sekaligus Kepala Bidang (Kabid) P2P Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mura, Edward Zuliyar kepada wartawan, Selasa (04/08/2020) melalui sambungan seluler.

Menurut Edward, Kabupaten Musi Rawas saat ini dalam zona kuning, kendati begitu status tersebut sewaktu-sewaktu bisa saja berubah menjadi orange atau merah, ketika adanya penambahan kasus baru yang positif Covid-19.

Dikatakannya, dengan status zona kuning maka pihaknya tidak melarang masyarakat apabila ada yang akan menggelar kegiatan hajatan. Namun, kendati begitu tentunya dalam pelaksanaannya harus mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

Lanjut dia, adapun protokol kesehatan yang harus dipatuhi ketika akan menggelar hajatan, yakni harus menyediakan tempat cuci tangan dan sabunnya, menggunakan masker, menjaga jarak minimal satu meter serta terpenting dalam satu ruangan tidak boleh melebihi 30 orang. Bahkan yang punya hajat harus menyiapkan nasi kotak dan bukan dihidangkan.

“Kalau sanggup mematuhi protokol kesehatan silahkan saja. Namun, bila tidak kami berhak untuk membubarkan acara hajatan tersebut,”tegasnya.

Edward menambahkan, wdalam waktu dekat pihaknya akan menggelar rapat koordinasi dengan lintas sektoral guna membahas tentang protokol kesehatan Covid-19 yang harus dipenuhi ketika akan menggelar hajatan. Dimana, dari hasil rapat ini nantinya akan disosialisasikan kepada masyarakat.

“Intinya hasil rapat ini nantilah yang akan menjadi acuan masyarakat terutama memperhatikan protokol kesehatan Covid-19, apabila mau menggelar hajatan,”pungkasnya.

PENULIS : Dedi Ariyanto

Sekda Ikuti Rakor dan Sosialisasi Bansos Tunai Gelombang II

Jalan Protokol Resmi Dibuka