in

Gedung PAUD dan Kantor Desa Dijadikan Tempat Isolasi

MUSIRAWAS,Silmed.id – Guna menghindari penyebaran Covid-19, Pemerintah Desa (Pemdes) Lubuk Pauh Kecamatan BTS Ulu, memanfaatkan Gedung PAUD dan Kantor Desa sebagai tempat isolasi warga.

“Sudah ada enam warga yang kita isolasi di Kantor Desa dan PAUD, keenam warga tersebut asli warga Lubuk Pauh, mareka diisolasi karena baru pulang dari rantauan di pulau jawa,” kata Kades Lubuk Pauh MK Afendi kepada Silampari Media, kemarin.

Menurut dia, warga yang diisolasi tersebut berlangsung selama 14 hari, mareka dalam pengawasan tenaga kesehatan desa dan pemdes.

“Makan dan minum warga yang diisolasi menjadi tanggung jawab kami, enam warga tersebut mengikuti isolasi secara sukarela dan kami mendapat dukungan penuh dari keluarganya,” ucapnya.

Gedung Paud dan Kantor desa digunakan sebagai tempat isolasi karena ruangannya cukup luas dan jauh dari pemungkiman padat penduduk, selain itu ada petugas yang menjaga mareka dari luar gedung.

“Tindakkan ini kami lakukan agar warga terhindari dari Covid-19. Jika mareka diisolasi mandiri di rumah, pastinya akan kontak dengan keluarga dan keluarganya kontak dengan masyarakat lain, jadi saya pikir hal itu kurang efektip,” paparnya.

Tindakkan pencegahan yang dilakukan Pemdes Lubuk Pauh cukup ketat, karena Desa Lubuk Pauh sudah pernah menjadi endemik penyakit menular.

“Jika dilihat dari geografis, maka Desa Lubuk Pauh sulit untuk menjadi wilayah endemik, karena berada cukup jauh dari ibu kota kecamatan dan ibu kota kabupaten, tapi hal itu tidak berlaku karena sudah terbukti, Desa Lubuk Pauh menjadi endemik penyakit menular filarialsis (Kaki Gajah), bahkan pengidapnya paling banyak di Kabupaten Musi Rawas,” ungkapnya.

Ditempat yang sama, Kadus III Desa Lubuk Pauh Tarzandi menyampaikan, dalam pencegahan covid-19, Pemdes Lubuk Pauh sudah melakukan langkah-langkah kongkrit, diantaranya penyeprotan, pendirikan pos jaga dipintu masuk desa, pembentukan relawan dan pendataan penerima BLT Dana Desa (DD).

“Penerima BLT DD sudah didata sesuai dengan ketentuan yang berlaku, mudah-mudahan dalam waktu dekat dapat disalurkan kepada masyarakat,” pungkasnya.

Terpisah, Ketua BPD Lubuk Pauh Abu Mansur Muhtaridi mengatakan, dalam penanganan dan pencegahan Covid-19, pihaknya dilibatkan, baik dalam relawan maupun pengawas kebijakan.

“Mudah-mudahan bencana ini cepat berlalu dan kita kembali ke kebiasaan semula, saya himbau masyarakat bersabar dan mentaati kebijakan Pemdes, Pemkab dan presiden. Agar kita semua tidak menjadi korban Covid-19,” harapnya.

PENULIS : Dedi Ariyanto

147 Warga YKB Menerima BLT DD

Positif Covid-19 di Musi Rawas Bertambah Dua Orang