in

Gandeng FAJI, Lubuklinggau Ingin Kembangkan Wisata Arung Jeram

LUBUKLINGGAU, Silmed.id – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Lubulinggau, akan mengoptimalkan Sungai Kelingi sebagai objek wisata arung jeram.

Penambahan pilihan objek wisata ini, untuk menambah minat pengunjung ke Kota Lubuklinggau.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Lubuklinggau, Johan Iman Sitepu mengatakan, saat ini pihaknya sedang mencari lokasi rest area dan shelter sederhana sebagai sarana penunjang.

“Tahun ini sudah dibuat Detail Engineering Design (DED), tahun depan mulai pelaksanaannya, kita berharap bisa dapat bantuan dari pemerintah pusat,”ungkapnya pada Kamis (30/10/2019).

Johan menjelaskan, potensi Sungai Kelingi yang membelah Kota Lubuklinggau sangat sayang, bila tidak dimanfaatkan dengan baik, apalagi arusnya cukup menantang dan sangat aman.

“Kalau bisa tahun depan kita sudah membangun shelter. Rencananya ada tiga titik pertama di Kayu Ara, lalu di kebun salak warga dan tetakhir di wilayah Tapak Lebar,” ujarnya.

Dalam pengembangan wisata arung jeram tersebut, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata berencana menggandeng Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Lubuklinggau, karena mereka sudah lebih mengerti.

“Bahkan shelter yang terakhir tempat istrihat, tempat pemanasan akan kita bangun di dekat rumah saudara Dono. Orang yang selama ini mengerti masalah arung jeram. Ditambah supaya koordinasi jauh lebih gampang,” tambahnya

Selain itu, ia mengungkapkan jika saat ini ada 10 potensi pengembangan pariwisata di Kota Lubuklinggau yang akan dikembangkan Pemkot kedepan.

“Tapi tetap unggulan kita kedepan yakni mengembangkan objek wisata Bukit Sulap dan Air Terjun Temam, karena kedua objek wisata ini sudah menjadi icon Linggau,” ungkapnya.

PENULIS : Jofan Saputra
EDITOR   : Dedi Ariyanto

Ikuti Piala Gubernur Sumsel, Asisten I Lepas Tim Sepak Bola U20

Dapat Bantuan, Pemkot Lubuklinggau Akan Benahi Kawasan Kumuh