Kapolda Sumsel, Irjen.Pol. Firli Bahuri, sempat berinteraksi dengan penerima program bedah rumah Polres Mura, Samikem, Jumat (20/9/2019). Foto : Bayu Silmed
in

Firli Soroti Media Terkait Pilkada

MUSIRAWAS, Silmed.id – Kapolda Sumatera Selatan, Irjen Pol Firli Bahurin kembali menyambangi Polres Musirawas, Jum’at (20/9/2019) sekira pukul 14.00 WIB. Kedatangan Kapolda guna kunjungan kerja sekaligus silaturahmi kedinasan, serta memberikan secara simbolis kunci rumah kepada penerima program bedah rumah yang digulirkan oleh Polres Musi Rawas.

Kedatangan Kapolda diterima langsung oleh Kapolres Musirawas, AKBP Suhendro didampingi oleh Bupati Musirawas, H Hendra Gunawan dan Bupati Muratara, H Syarif Hidayat, serta disambut dengan tarian Mura Darussalam yang dibawakan oleh sanggar binaan Dewan Kesenian Kabupaten Musirawas.

Kegiatan silaturahmi berlangsung khusyuk dengan dibarengi ucapan selamat kepada Kapolda karena telah terpilih menjadi Ketua KPK periode 2019-2023. Dalam sambutannya Kapolda menjelaskan beberapa hal, salah satunya adalah Pilkada yang akan dihelat di Kabupaten Musirawas dan Muratara pada 2020 mendatang.

Menurut pria kelahiran Prabumulih, 8 November 1963 itu, ada lima hal pokok yang memegang peranan penting berjalan amannya Pilkada. Yang pertama adalah Partai Politik.

“Kalau partai politik dapat berpolitik secara santun, tidak mengadu domba antar pendukung dan cakada yang dia pilih, niscaya Pilkada akan berjalan damai,” jelas Firli.

Kemudian yang kedua adalah Kepala Daerah (petahana) dan calon kepala daerah lainnya, ketiga adalah penyelenggara pemilu (KPU dan Bawaslu) serta petugas keamanan (TNI/POLRI), keempat adalah tokoh, dan yang terakhir yang tidak kalah penting bagi Firli adalah peran media.

“Media harus bisa menyajikan porsi berita yang berimbang, jangan seolah terafiliasi dengan satu kandidat saja sehingga berita yang ditimbulkan berat sebelah. Ini penting karena media sangat berpengaruh dalam melempar satu isu,” ungkapnya.

Ia juga menjelaskan bahwa media harus menyejukkan dan memberikan informasi terkait Pilkada, bukan justru meresahkan dengan berita-berita yang bersifat provokatif.

Setelah acara silaturahmi usai, di tempat yang sama Kapolda menyerahkan kunci rumah secara simbolis kepada penerima program Bedah Rumah Polres Mura, penerima program adalah Samikem, yang merupakan petugas kebersihan Polres Mura sejak 2006 yang lalu. Kapolda beberapa kali terlihat berinteraksi dan bercanda dengan penerima program. Menurut Kapolda, program baik seperti ini harus terus dijalankan.

“Ini adalah program yang memberikan manfaat, jangan sampai terputus harus terus dilanjutkan,” ujar Pria yang juga pernah menjabat sebagai Kapolres Lampung Timur itu.

Kapolda sendiri dijadwalkan akan mengunjungi Polres Empat Lawang pada Sabtu (21/9/2019), serta Polres Lubuklinggau pada Minggu (22/9/2019).

PENULIS : Bayu Pratama Sembiring
EDITOR : Aulia Azan Siddiq

H Alfirmansyah Karim Mengembalikan Formulir ke PDIP

Dengan Surat Dari Kemenpan-RB, Polres Muratara Semakin Dekat Menuju Waktu Kelahiran