Kepala BPBD Muratara, Zulkifli.
in

Enam Titik Panas Terdeteksi di Muratara

MURATARA, Silmed.id – Sebanyak enam titik panas terdeteksi yang mengindikasikan kebakaran hutan dan lahan dalam wilayah Kabupaten Muratara, oleh Hotspot satelit satelit Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

“Kalau untuk sementara baru enam titik yang terpantau, namun besar kemungkinan akan meningkat jika pemilik lahan terus melakukan pembakaran lahan,”ujar Kepala BPBD Muratara Zulkifli, Senin (5/8/2019) kepada

“Kalau untuk sementara baru enam titik yang terpantau, namun besar kemungkinan akan meningkat jika pemilik lahan terus melakukan pembakaran lahan,”ujar Kepala BPBD Muratara Zulkifli, kepada Silampari Media, Senin (5/8/2019).

Dijelaskannya enam titik panas itu, tersebar ditiga Kecamatan yaitu Rawas Ilir empat titik, Rupit satu titik dan Karang Dapo satu titik.

“Titik panas yang terdeteksi melalui pencitraan satelit Terra dan Aqua dengan tingkat kepercayaan di atas 50 persen. Berdasarkan data tersebut baru tiga Kecamatan,”jelasnya.

Menurutnya dari Ketiga Kecamatan itu, hanya Kecamatan Rawas Ilir yang banyak melakukan pembakaran lahan dan dalam waktu dekat pihaknya akan turun kelapangan untum melakukan pengawasan api agar tidak menjalar lebih luas lagi.

“Kita akan turun kelapangan untuk mengecek lokasi itu, untuk mencegah supaya tidak menjalar lebih luas lagi,”katanya.

Dikatakannya pembakaran lahan ini merupakan suatu kebiasaan masyarakat setiap ingin membuka lahan perkebunan.

“Kebiasaan ini lah harus dirobah secara berlahan, karena tidak diperbolehkan lagi melakukan pembakaran lahan sebab ancamannya dipidana,”tuturnya.

Dijelaskan untuk sekarang masih skala kecil, sehingga tidak terlalu berdampak kabut asap. Meskipun begitu pihaknya terus memantau perkembangan titim panas tersebut.

“Akan terus kita pantau dan memberikan pemahaman kepada masyarakat jangan sampai meluas,”pungkasnya.

PENULIS : Hengki Pransis
EDITOR : Aulia Azan Siddiq

Diduga Terlibat Pungli, Oknum Pendamping PKH Dinonaktifkan

Pilkades Masuk Tahapan Verifikasi Berkas Balondes