in

Enam Desa Zona Merah, Ini Jadwal Pemilihan BPD

MUSIRAWAS, Silmed.id – Pelaksanaan pemilihan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di 186 Desa di Musi Rawas akan di mulai 14 Oktober, enam desa masuk katagori zona merah.

Kepastian itu disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Musi Rawas (Mura) , Ahmadi Zulkarnain melalui Kepala Bidang (Kabid), Pemerintah Desa (Pemdes), Rian Pratama kepada Silampari Media, Kamis (10/10/2019).

“Sesuai jadwal pelaksanaan pemilihan BPD akan dilaksanakan pada 14-20 Oktober. Dimana, untuk satu harinya berlangsung di Desa dua kecamatan dan dimulai di Kecamatan Muara Lakitan dan Jayaloka,”kata Rian

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa, untuk pelaksanaan pemilihan sendiri sesuai dengan mekanisme yang telah disepakati dalam Musyawarah Desa (Musdes).”Untuk pemilihan BPD ada dua mekanisme yakni musyawarah keterwakilan atau pilih langsung,”terangnya.

Menurutnya, untuk jadwal pemilihan anggota BPD terdiri dari 14 Oktober Kecamatan Muara Lakitan dan Jayaloka, 15 Oktober Kecamatan Tugumulyo dan Sumber Harta, 16 Oktober Kecamatan Purwodadi dan Megang Sakti, 17 Oktober Kecamatan BTS Ulu dan Tuah Negeri.

“Kemudian 18 Oktober Kecamatan Muara Kelingi dan Sukakarya, 19 Oktober Kecamatan Muara Beliti dan Terawas serta terakhir 20 Oktober Kecamatan TPK dan
Selangit,”ungkapnya.

Sedangkan untuk zona merah, dalam pemilihan BPD pihaknya sudah melakukan pemetaan. Desa yang masuk kategori zona merah diantaranya, Desa Madang Kecamatan Sumber Harta, Suro Kecamatan Muara Beliti, Lubuk Pauh Kecamatan BTS Ulu, Sembatu Jaya Kecamatan BTS Ulu, Karya Teladan Kecamatan Muara Kelingi dan terakhir Desa Gunung Kembang Lama Kecamatan BTS Ulu.

“Penetapan zona merah ini sendiri, dikarenakan dari proses awal tahapan pemilihan sudah adanya pengaduan dari masyarakat setempat yang dianggap bermasalah,”tutupnya.

PENULIS : Sutrisnak
EDITOR   : Dedi Ariyanto

KLHK Berikan 27 Motor Gerobak Sampah

Simpan Sabu Dalam BH, IRT Diringkus