HITUNG - Proses penghitungan suara pemilihan BPD di Desa Lubuk Pauh Kecamatan BTS Ulu. Foto Dedi Silmed.
in

Enam Desa Gagal Gelar Pemilihan BPD

MUSIRAWAS,Silmed.id – Sebanyak enam desa di Kabupaten Musi Rawas gagal melaksanakan pemilihan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) sesuai jadwal tahapan. Demikian disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Musi Rawas Ahmadi Zulkarnain didamping Kabid Pemdes Rian Pratama, kepada Silampari Media, Selasa (22/10/2019) diruang kerjanya.

“Ada enam desa yang gagal melaksanakan pemilihan BPD sesuai tahapan. Adapun enam desa tersebut yakni Desa Remayu Kecamatan Tuah Negeri, SP5 Tri Anggun Jaya, Prabumulih 1 Kecamatan Muara Lakitan, Suro, Beliti Baru Kecamatan Muara Beliti dan Sungai Bunut Kecamatan BTS Ulu,” jelas Ahmadi.

Lanjut Ahmadi, adapun penyebab gagalnya pemilihan BPD tersebut dikarenakan berbagai hal. Seperti di Desa Tri Anggun, disebabkan Ketua Panitia Pelaksana melarikan diri, Sungai Bunut dan Prabumulih 1 disebabkan peserta kurang atau tidak memenuhi kuota. Sedangkan Desa Suro sedang menunggu penetapan jumlah pemilih.

“Sebenarnya bukan gagal, namun ditunda dikarenakan adanya kendala. Tapi tetap akan dilanjutkan sesuai ketentuan yang ada,” ujarnya.

Terkait ada aksi protes oleh beberapa calon BPD yang kalah dalam bertarung, Ahmadi menjelaskan, para calon silakan protes dengan panitia, karena penyelenggara pemilihan dilakukan oleh panitia.

“Untuk saat ini hanya Desa Leban Jaya yang sudah protes ke DPMD. Tapi hal tersebut bukan kewenangan kami, silakan gugat hasil pleno. Panitia dan kades serta calon yang kalah silahkan rapat untuk mencapai mufakat,”ungkapnya.

Jika semua sudah clear and clean, maka BPD terpilih direncanakan akan dilantik pada 27 Desember mendatang.

“Untuk lokasi pelantikan belum ditentukan, karena jumlah BPD yang akan dilantik cukup banyak,” pungkasnya.

Terpisah, Ketua ABPEDNAS Sumsel, Junaidi mengatakan saat pelaksanakan pemilihan BPD di Musi Rawas, dirinya bersama tim juga sempat memantau. Memang dibeberapa desa pelaksanaan cukup panas namun tetap berjalan.

“Saya berharap BPD yang terpilih dapat bekerja sesuai harapan, seperti menyampaikan aspirasi masyarakat yang ada didapilnya,” harapnya.

PENULIS : Dedi Ariyanto

Harga Daging Ayam Kembali Merangkak Naik

Tunjukkan Langkah Serius, H Dodiyanto Ambil Formulir Balonbup di Partai Golkar