in

Enam Bulan Terakhir, Terjadi 10 Kali Kebakaran

MUSIRAWAS, Silmed.id– Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP-Damkar) Musi Rawas, mencatat setidaknya enam bulan terakhir terjadi 10 kali musibah kebakaran permukiman.Dimana, mayoritas kejadian tersebut terjadi di wilayah yang padat penduduk.

Plt Kepala Satpol PP dan Damkar Kabupaten Mura, H Yapan Selamat 10 kali kebakaran di permukiman warga itu seperti di Kecamatan Tugumulyo, Sumber Harta, Muara Lakitan dan Selangit. Kecamatan ini merupakan daerah rawan kebakaran.

“Memang untuk musibah ini rawan terjadi di wilayah yang padat akan penduduk dan banyak rumah panggung yang terbuat dari kayu,” jelas Yapan kepada Silampari Media, Senin (12/8/2019).

Lebih lanjut dijelaskan, sebagian besar permukiman disebabkan karena korsleting listrik. Sebab, sebagian besar instalasi listrik warga sudah lama dan rapuh. Sehingga, ia mengimbau semua mesti diwaspadai dan berhati-hati jika bepergian untuk tidak meninggalkan rumah dalam kondisi listrik hidup.

“Untuk penyebab kebakaran bermacam-macam. Namun, mayoritas kebakaran permukiman diakibatkan korsleting listrik,” terang Yapan.

Mengingat saat ini, berlangsung musim kemarau, pihaknya terus siaga akan bencana kebakaran. Kendati keberadaan fasilitas mobil pemadam kebakaran masih minim yakni tersedia satu unit saja.

“Sebenarnya untuk mobil damkar ada dua. Namun, hanya satu yang bisa beroperasi bilamana ada terjadi kebakaran di permukiman warga,”bebernya.

Hanya saja, untuk mengantisipasi kekurangan armada damkar tersebut. Maka, tahun ini pihaknya menganggarkan dua unit mobil Damkar dengan tipe double cabin hino dutro 130-HD yang kapasitas air sebanyak 300 liter. Terrmasuk, pada tahun 2020 dengan mengadakan mobil damkar dengan kapasitas 500 liter air.

“Kami berharap dengan adanya penambahan armada mobil damkar ini nantinya, maka akan menambah semangat kerja bagi petugas. Terutama, dapat lebih cepat dalam penanganan musibah terjadinya kebakaran,”ujarnya.

PENULIS: Dedi Ariyanto
EDITOR: Dodi Chandra

Tersangka Penusukan Ketua PPS Selangit Diciduk di Bali

Air Lesing Adakan Lomba Hias Gapura