Usai penyerahan penghargaan, Asisten III Setda Musi Rawas Edi Siswanto didampingi Plt Kepala BPRD Doddy Irdiawan, berpoto bersama camat dan kades yang menerima penghargaan
in

Empat Kecamatan Lunasi PBB-P2

MUSIRAWAS, Silmed.id – Sebanyak empat kecamatan di Kabupaten Musi Rawas, berhasil melunasi Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) 100 persen, keempat camat dan kadesnya diberikan penghargaan oleh Pemerintah Kabupaten Musi Rawas.

Penghargaan diberikan pada Pencanangan Bulan Bhakti Penagihan dan Pelunasan PBB-P2, acara dilaksanakan di Halaman Kantor Camat TP Kepungut Rabu (18/9), sekitar pukul 10.00 WIB.

Adapun kecamatan yang melunasi PBB-P2 yakni TP Kepungut ketetapan Rp143.455.569 dengan realisasi lunas 100 persen, Selangit ketetapan Rp158.190.409 dengan realisasi lunas 100 persen, Muara Beliti Rp274.564.082 dengan realisasi lunas 100 persen dan Kecamatan Purwodadi ketetapan Rp467.443.234 dan realisasi lunas 100 persen.

Sedang sepuluh kecamatan lainnya belum mencapai 100 persen, seperti Tuah Negeri 84,10 persen, Sumberharta 68,50 persen, Suka Karya 54,71 persen, Muara Kelingi 58,47 persen, Jayaloka 51,02 persen, STL Ulu Terawas 52,98 persen, Tugumulyo 45,24 persen, BTS Ulu 37,27 persen, Megang Sakti 27,60 persen dan Muara Lakitan 14,14 persen.

Camat Selangit Hj Rusilawati, saat menerima penghargaan dari Asisten III Setda Musi Rawas Edi Siswanto

Pencanangan Bulan Bhakti Penagihan dan Pelunasan PBB-P2 dihadiri Bupati Mura, H Hendra Gunawan yang diwakili Asisten IIII Setda Mura Edi Iswanto, Plt Kepala BPPRD Mura Doddy Irdiawan, Camat, Kepala Desa (Kades) dan masyarakat.

Kepala BPPRD Kabupaten Mura, Doddy Irdiawan mengatakan, kegiatan ini sendiri bertujuan untuk menambah kesadaran masyarakat atau wajib pajak dalam memenuhi kewajibannya untuk membayar pajak PBB sebelum jatuh tempo.

“Kegiatan ini juga memberikan motivasi kepada para petugas pemungut di lapangan, khususnya kepada Camat, Lurah dan Kepala Desa (Kades) untuk melakukan penagihan sebelum jatuh tempo,”jelas Doddy.

Asisten III Setda Musi Rawas Edi Siswanto, menyerahkan penghargaan kepada Kades di TP Kepungut

Dikatakannya, hingga per 31 Juli baru empat Kecamatan tersebut yang lunas PBB-P2. Sedangkan, 10 Kecamatan lainnya belum lunas, untuk Kecamatan TPK dan 54 Desa yang berhasil melunasi PBB sampai dengan 31 Juli akan diberikan piagam penghargaan dari Bupati.

“Sedangkan Camat TPK dan 15 Desa tercepat disamping menerima piagam penghargaan akan diberangkatkan studi banding ke Kabupaten Malang Provinsi Jawa Timur,”ungkapnya.

Sementara itu, Asisten III Setda Kabupaten Mura, H Edi Iswanto yang membacakan sambutan Bupati Kabupaten Mura, H Hendra Gunawan menjelaskan, kesadaran dan ketaatan seluruh warga masyarakat Mura dalam membayar pajak merupakan bentuk kepedulian masyarakat yang sangat besar terhadap pelaksanaan pembangunan di Mura. Namun, kendati begitu kesadaran masyarakat terhadap penunaian kewajiban membayar PBB masih perlu ditingkatkan.

“Saya berharap pokok ketetapan PBB-P2 tahun ini dapat tercapai sepenuhnya. Mengingat, saat ini PBB telah menjadi bagian dari pajak daerah yang sangat dibutuhkan sebagai modal pembangunan daerah mewujudkan masyarakat yang lebih sejahtera,”katanya.

Ditempat yang sama, Camat TP Kepungut Dien Candra mengatakan, pihaknya berhasil melunasi PBB paling cepat, hal itu dikarenakan adanya sosialisasi yang dilakukan oleh Kepala Desa (Kades). Selain itu Kecamatan TP Kepungut jumlah ketetapannya kecil, bila dibandingkan dengan 14 kecamatan lainnya.

“Kades di TP Kepungut sangat aktif dalam melakukan sosialisasi PBB, jadi kami lebih cepat dalam melunasi PBB,”pungkasnya.

PENULIAS : Dedi Ariyanto

83 Persen Remaja Jadikan Medsos dan Internet Untuk Edarkan Narkoba

Erwin Kusuma Jaya Ditemukan Tewas Bersimbah Darah