Surati, pedagang kelapa parut di Pasar Ikan Lubuklinggau. Foto : Alex Silmed
in

Empat Hari Jelang Lebaran Penjualan Kelapa Alami Peningkatan

LUBUKLINGGAU,Silmed.id – Empat hari menjelang hari raya Idul Adha 1440 Hijriah, pedagang kelapa di Kota Lubuklinggau akui dalam satu hari dapat menghabiskan 150 buah kelapa.

“Sekarang dalam satu hari bias 100 hingga 150 buah kelapa terjual,” kata Surati, pedagang kelapa di Pasar Ikan Simpang Periuk, Rabu (7/8/2019).

Meningkatnya penjualan kelapa tersebut karena sebagian besar masyarakat mencari kelapa parut dan juga kelapa bulat untuk mempersiapkan hidanga yang akan disajikan pada hari raya nanti.

Untuk memenuhi permintaan kelapa tersebut, Surati menyuplai buah kelapa dari dalam dan luar daerah. Hal itu dilakukan karena permintaan akan kelapa jelang hari raya tersebut dipastikan selalu meningkat.

“Saya sudah memesan sebanyak 1.500 buah kelapa baik dari Lubuklinggau dan juga kabupaten Musi Rawas seperti Merasi. Jika tidak memesan jauh hari bias tidak kebagian buah kelapa,” terang Surati kepada Silampari Media.

Menurutnya harga kelapa saat ini masih terbilang stabil, dimana untuk satu kilogram kelapa parut sebesar Rp12.000, sedangkan buah kelapa ukuran kecil dihargai Rp4000 dan ukuran besar Rp5.000. Mendekati lebaran, diperkirakan harga kelapa akan naik hingga dua kali lipat dari harga biasanya.

“Berdasarkan pengalaman menjelang lebaran lalu, harga kelapa perkilonya bias mencapai Rp15.000,” ucapnya.

PENULIS : Alexander
EDITOR : Aulia Azan Siddiq

Harga Karet Turun Drastis, Ini Penyebabnya

Distribusi Air Bersih Untuk 5.536 Pelanggan Akan Lumpuh Total