APEL : Ratusan personil Polres Lubuklinggau saat melaksanakan apel siaga 1, Sabtu (28/9/2019).
in , ,

Dua Polres di Bumi Silampari Siaga 1

LUBUKLINGGAU, Silmed.id – Bertepatan dengan rapat paripurna terakhir anggota DPR periode 2014-2019, Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) seluruh Indonesia akan melanjutkan aksi demo, pada Senin (30/9/2019).

Sebagaimana yang dilansir Kompas.com, aksi tersebut pihak mahasiswa akan mengawal dan tetap menyampaikan penolakan terhadap RKHUP dan UU KPK. Dimana saat ini BEM aliansi mahasiswa seluruh Indonesia tengah melaksanakan konsolidasi untuk tanggal 30 akan seperti apa.

“Tuntutan kami sama kayak kemarin iya, kita menolak RUU bermasalah dan kita tetap menolak UU KPK yang telah disahkan,” ujar Presiden Mahasiswa Trisakti, Dinno Ardiansyah.

Dinno berharap, aksi tersebut nantinya dapat memberikan tekanan psikologi bagi pemerintah dan DPR agar segera mengambil keputusan Perppu untuk mencabu UU KPK.

Aksi demo yang merupakan isu Nasional yang berkembang sepekan terkahir ini, terkait banyaknya aksi unjuk rasa di berbagai wilayah, menjadi deretan tambahan tugas Polri untuk menjaga keamanan masyarakat Indonesia.

Untuk wilayah Bumi Silampari seperti Kabupaten Musi Rawas, Kota Lubuklinggau dan Muratara berstatus Siaga 1, seperti yang disampaikan oleh Kapolres Lubuklinggau AKBP Dwi Hartono didampingi Wakapolres Lubuklinggau, Kompol Zulkarnain dalam apel siaga yang dilaksanakan di Mapolres Lubuklinggau, Sabtu (28/9/2019) sekitar pukul 10.00 WIB dihadapan ratusan personil yang hadir.

“Sabtu dan Minggu ini kami tidak libur, biasanya hanya piket fungsi saja yang ada di kantor. Untuk staf biasanya standbye di rumah masing-masing, namun sebagaimana petunjuk Mabes Polri melalui Polda, Kami (Polri) sudah distatuskan siaga 1. Hal ini untuk mencegah terjadinya kemungkinan gangguan kamtibmas berskala besar,” ujar Kapolres.

Dilanjutkan Kapolres, kurang lebih 400 Personel yang disiagakan, untuk mencegah gangguan kamtibmas di wilayah Kota Lubuklinggau dan sampai saat ini belum ada gejolak yang berarti. Keadaan saat ini dalam keadaan aman terkendali.

“Saya yakin warga Lubuklinggau sangat cerdas dalam menyikapi penolakan RUKUHP yang terjadi di wilayah lain. Memang betul pengguna internet (netizen) di lubuklinggau ini banyak sekali, sehingga ruang untuk mudah terprovokasi terbuka. Namun Terbukti di Pemilu 2019 lalu dan kami meyakini warga lubuklinggau tidak mudah terprovokasi” ujar Kapolres.

AKBP Dwi Hartono juga mengapresiasi unras mahasiswa kemarin berjalan dengan aman. “Saya bangga dengan adik-adik mahasiswa kita, yang dapat menjaga kondusifitas bersama kami (TNI-Polri). Himbauan saya “Ayo kita semua, untuk lebih mengutamakan kepentingan keamanan secara luas, berikan kepercayaan kepada publik, bahwa Kota Lubuklinggau yang kita cintai ini aman dan nyaman untuk beraktifitas” tutup kapolres.

Apel siaga yang dilaksanakan seluruh jajaran Polres Musirawas.

Begitu juga dengan jajaran Polres Musirawas yang telah menerapkan status ‘Siaga Satu’, sebagai bentuk kesiapsigaan dalam rangka menyikapi perkembangan situasi terkini. Status Siaga Satu ini salah satunya ditunjukkan dengan digelarnya apel siaga di halaman Mapolres, Sabtu (28/9/2019) pagi.

Apel ini dipimpin Kabag OPS, Kompol Handoko Sanjaya, diikuti pejabat utama (PJU), serta seluruh personel Polres Mura. Dalam arahannya, Kabag OPS menyampaikan kepada seluruh personel Polres Musirawas bahwa menyikapi perkembangan situasi yang berkembang baik di wilayah Indonesia, khususnya Sumsel dan sekitarnya yakni Musirawas.

“Jangan lengah dan jangan beri kesempatan pihak yang akan menambah kesan situasi kamtibmas semakin memburuk,” tegasnya.

Selanjutnya diminta kepada para Kapolsek maupun Kasat untuk mengarahkan anggotanya masing-masing agar memedomani Jukrah (petunjuk dan arahan) dari Pimpinan.

“Tetap semangat dan selalu tingkatkan kewaspadaan dalam bertugas, segera laporkan ke Mako induk apabila ada gerakan yang perlu dilaporkan,” tutup Kompol Handoko Sanjaya.

PENULIS : Aulia Azan Siddiq

Kapolri Copot Kapolda Riau-Sultra-Papua, Ada Apa?

Makin Serius, Apek Karim Kembalikan Formulir ke DPD PAN