Salah satu pelaku penodongan di Kecamatan Purwodadi nyaris tewas diamuk massa, Rabu (10/7/2019). Foto : Bayu Silmed.
in ,

Dua Penodong Nyaris Tewas Diamuk Massa

MUSIRAWAS, Silmed.id – Gagal beraksi, dua pelaku penodongan nyaris tewas diamuk massa di Simpang Paku Desa Sumber Sari, Kecamatan Purwodadi, Rabu (10/7/2019).

Aksi diduga dilakukan oleh tiga orang, namun dua orang yang nyaris tewas.

Informasi yang berhasil Silampari Media dari Kapolres Musi Rawas AKBP Suhendro melalui Kapolsek Purwodadi IPTU Deni Hendrawan, aksi penodongan itu terjadi di Jalan Lintas Purwodadi Desa T2 Purwakarya, Kecamatan Purwodadi, Selasa (9/7/2019) sekitar pukul  17.30 WIB.

Aksi pengejaran dimulai saat Wiwik Dwi Pratiwi (19) warga Kelurahan O Mangunharjo, Kecamatan Purwodadi sedang dalam perjalanan menuju kea rah Kecamatan Megang Sakti, menggunakan Honda Scoppy warna merah.

“Sesampainya di Tempat Kejadian Perkara (TKP) tiba-tiba sepeda motor korban dipepet oleh pelaku yang berjumlah tiga orang menggunakan motor  Yamaha Mio,” katanya.

Kemudian salah satu dari pelaku menendang korban hingga terjatuh dari motor dan saat korban terjatuh, pelaku menodongkan pisau ke korban sedangkan pelaku lain mengambil kendaraan milik korban tersebut.

“Tidak beberapa lama kemudian, Bambang warga sekitar melintas dan melihat kejadian tersebut. Namun pada saat hendak menolong korban, Bambang diancam pelaku dengan pisau, sehingga ke tiga pelaku berhasil membawa kabur motor korban,” jelasnya.

Atas kejadian tersebut Bambang melaporkan ke Polsek Purwodadi serta menceritakannya kepada warga tentang penodongan yang baru saja dilihatnya. Kemudian personil Polsek Purwodadi bersama-sama warga mengejar pelaku.

Karena tidak paham jalan di wilayah Kecamatan Purwodadi, pelaku masuk ke dalam hutan kebun karet di desa U2 Karyadadi dan meninggalkan motor korban dan motor yang dibawa mereka di dalam hutan karet tersebut.

“Selanjutnya kedua motor kami amankan dan melakukan pencarian hingga larut malam, sekitar pukul 23.30 WIB ketiga pelaku belum juga tertangkap,” ucap Kapolsek.

Pada Rabu (10/7/2019) pagi sekitar pukul 05.30 WIB, warga yang hendak ke sawah melihat tiga orang yang mencurigakan di aliran Sungai Megang Tikip Desa U2 Karyadadi.

Atas informasi tersebut warga masyarakat  menuju lokasi yang ditunjuk,  dua orang pelaku berhasil ditangkap warga dan menjadi bulan-bulanan massa yang kesal dengan ulah pelaku.

“Menerima informasi pelaku penodongan berhasil ditangkap, anggota piket langsung menuju TKP. Beruntung personil cepat datang dan langsung mengamankan pelaku dari amukan massa. Kedua pelaku selanjutnya dibawa ke Puskesmas O Mangunhharjo guna dilakukan tindakan medis,” jelasnya.

Kedua tersangka bernama Afriansyah (31) warga Kelurahan Batu Urip, Kecamatan Lubuklinggau Timur I dan Prengky (32) warga Sidorejo, Kecamatan Lubuklinggau Barat I. Sedangkan satu pelaku lainnya, Sugik (25) warga Sidorejo, Kecamatan Lubuklinggau Barat I belum tertangkap.

“Korban hingga kini belum membuat laporan pengaduan (LP) ke Polsek Purwodadi dikarenakan masih di rawat di klinik di Kelurahan O Mangunharjo mengalami luka ringan dan shock,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Dusun Tujuh (7) Budi Handayani Desa U2 Karyadadi, yang ikut menyaksikan kejadian menerangkan jika masyarakat mengejar pelaku sejak sore hari.

“Setelah pelaku berhasil mengambil motor korban Selasa sore, pelaku langsung kabur ke areal persawahan di Dusun 1, Desa U2 Karyadadi. Karena mentok, motor hasil begal ditinggal dan pelaku yang berjumlah tiga orang lari ke arah kebun karet,” ujar Budi kepada Silampari Media.

Budi menambahkan, karena belum berhasil menangkap pelaku akhirnya masyarakat menghentikan pencarian pada pukul 02.00 WIB dinihari.

Sugik (25) warga Sidorejo, Kecamatan Lubuklinggau Barat I, akhirnya berhasil diringkus warga, Rabu (10/7/2019) sekitar pukul 09.00 WIB di Kecamatan Megang Sakti. Foto : Bayu Silmed

Setelah itu ada warga yang melihat ketiga pelaku muncul pada pukul 04.00 subuh di Simpang Paku Desa Sumber Sari dan masyarakat yang masih siaga langsung menangkapnya, namun satu pelaku berhasil melarikan diri.

‘Masyarakat bersama pihak Polsek Purwodadi masih masih terus melakukan pencarian, hingga akhirnya pelaku berhasil tertangkap sekitar pukul 09.00 WIB, Rabu pagi (10/07/2019) di Desa Wonosari, Kecamatan Megang Sakti,” pungkasnya.

PENULIS : Aulia Azan Siddiq/Bayu Pratama Sembiring

DLHP Ajak Warga Lestarikan Lingkungan

Tak Pandang Bulu, Motor Anggota Polri juga Diembat Pencuri