in

Dua Pemdes Bagikan BLT-DD, Semeteh 163 KK dan Mangan Jaya 58 KK

MUSIRAWAS,Silmed.id – Dua desa yakni Semeteh Kecamatan Muara Lakitan dan SP7 Mangan Jaya Kecamatan Muara Kelingi, menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD).

Di Desa Semeteh ada 163 Kepala Keluarga (KK) yang menerima BLT-DD dan Mangan Jaya 58 KK.

Kepala Desa (Kades) Semeteh, Armansyah mengatakan, pihaknya kembali menyalurkan BLT-DD kepada 163 KK yang ada di beberapa dusun dalam wilayah Desa Semeteh.

“Kami menyalurkan BLT-DD untuk tahap kedua sebesar Rp600 ribu. Artinya tinggal satu tahap lagi untuk bulan Juni,”jelas Arman kepada wartawan, Rabu (17/6/2020).

Arman menambahkan, peruntukan BLT-DD diberikan adalah masyarakat yang ekonominya rendah atau terdampak Covid-19, kriterianya adalah masyarakat yang ekonominya rendah atau terdampak Covid ini.

Selain itu, penerima BLT-DD telah melalui Musyawarah Desa dan tidak lagi mendapat bantuan program lain seperti PKH, BPNT dan BST. Dimana, bantuan ini adalah wujud perhatian pemerintah.

“Saya harap bantuan ini dimanfaatkan sebaik-baiknya,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris Desa (Sekdes) Mangan Jaya Sefran mengatakan, Pemdes Mangan Jaya menyalurkan BLT-DD kepada 58 KK untuk tiga bulan langsung.

“Saya harapkan adanya bantuan ini dapat membantu warga dalam mememuhi kebutuhan sehari-hari ditengah pandemi Covid-19 dan bukan untuk digunakan berfoya-foya,” kata Sefran kepada wartawan.

Menurutnya, pembagian BLT-DD sendiri disaksikan oleh Pemerintah Kecamatan, Pendamping Desa, Babinsa, Bhabinkamtibmas serta BPD. Dimana, untuk bantuan diberikan tiga bulan sekaligus yakni April, Mei dan Juni.

“Untuk satu bulannya sebesar Rp600 ribu. Artinya, kalau tiga bulan sebesar Rp1.800 ribu,”bebernya.

Mengenai kriteria penerima BLT-DD sendiri. Maka dirinya mengakui sesuai dengan juknis yang ada seperti lansia, warga yang hilang mata pencarian, janda, sakit menahun dan warga yang tidak mampu serta belum menerima bantuan sosial (bansos) diantaranya bantuan BST, PKH, BPNT. (*).

Rapat Koodinasi Pencegahan Karhutlah Tingkat Provinsi Sumsel

Kehabisan Bensin, Pencuri Sepeda Motor Ditangkap Polisi