in

DLH Berikan Sanksi Jika Buang Sampah Tidak Sesuai Jadwal

LUBUKLINGGAU,Silmed.id – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Lubuklinggau, masih banyak menemukan tumpukan sampah di Jalan protokol. Kemarin (04/03/2020).

Kabid Pengelolaan Sampah dan RTH, Ruly bersama jajarannya membersihkan sampah di sepanjang Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Taba Koji Kecamatan Lubuklinggau Timur I.

Pembersihan sampah ini kata Ruly, sengaja dilakukan untuk pengawasan sekaligus kembali memberikan imbauan ke pemilik ruko, agar membuang sampah sesuai dengan jadwal seperti yang sudah mereka sampaikan sebelumnya. Yakni dari pukul 22.00 WIB sampai pukul 07.00 WIB. Agar mulai pukul 08.00 WIB tidak ada lagi tumpukan sampah yang terlihat di sepanjang Jalan Yos Sudarso.

“Terbukti hari ini kita keliling, masih banyak tumpukan sampah diatas pukul 08.00 WIB. Ini yang ingin kita hilangkan. Kita berharap pemilik ruko mematuhi aturan yang sudah kita buat,” ungkap Ruly.

Alasan pemilik ruko lanjut Ruly, mereka membuang sampah saat membuka toko, dan kebanyakan mereka membuka toko di atas pukul 08.00 WIB. Kedepan pihaknya akan lebih tegas, ketika masih ada pemilik ruko yang membuang sampah di luar jadwal akan diberikan sanksi. Sanksi terberat, mereka bisa usulkan untuk pencabutan izin usaha, apapun alasannya.

“Karena saat mengurus SPPL jelas, mereka bersedia melaksanakan perlindungan lingkungan di toko mereka. Kita sudah siapkan tim, jika masih kedapatan pemilik ruko akan kita panggil,” tegasnya.

Selain membersihkan sampah di sepanjang Jalan Yos Sudarso, ada dua lokasi lainnya yang mereka bersihkan, yakni di Kelurahan Bandung Ujung, Kecamatan Lubuklinggau Barat I, dan di bantaran sungai dekat Pertamina.

Azhari, salah seorang pemilik Ruko di Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Taba Koji saat dibincangi mengaku sering membuang sampah di depan toko. Tetapi diakui Azhari sedikit, tapi sampah tersebut tidak berapa lama jadi banyak.

“Banyak warga pakai motor lihat ada sampah kita, ikut buang di sana jadi kelihatan banyak,” ungkap Azhari.

Ia juga mengaku, sudah membuang sampah sesuai jadwal yang diberikan DLH meskipun buka toko atas pukul 08.00 WIB.

“Sudah kita ikuti kok, hanya saja ada pengendara motor yang juga ikut membuang sampah disana, sehingga kelihatan banyak dan seolah hanya saya saja yang buang disana,” katanya.

Pihak DLH berharap para pemilik toko bisa lebih mematuhi lagi peraturan yang sudah diberikan oleh pihak DLH, sehingga Kota Lubuklinggau terlihat lebih bersih, dan tentunya lebih aman dan sehat untuk kita semua.

PENULIS : Putri Rianita
EDITOR   : Dedi Ariyanto

Berhasil Menjual Shabu Empat Kilogram, Gembong Narkoba Diringkus Polisi

Kasur Lantai Motif Terbaru Hanya Tersedia di Eva Collection