in

Disdukcapil Cetak Adminduk Ditempat

MUSIRAWAS, Silmed.id – Untuk memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Musi Rawas, meluncurkan program Gerakan Cetak di Tempat (Gertak).

Kepala Disdukcapil Musi Rawas H Y Mori melalui Kabid Pengelolaan Informasi dan Administrasi Kependudukan Rahmat Dinata mengatakan, gerakan cetak di tempat dokumen kependudukan secara mobile di Kabupaten Musi Rawas, merupakan Inovasi terbaru yang diluncurkan Disdukcapil.

“Inovasi ini merupakan jawaban dari kegelisahan masyarakat yang bermukim dilokasi yang jauh dari Kantor Disdukcapil. Gertak menjadi solusi atas keinginan warga yang belum memiliki maupun memperbaiki dokumen Kependudukannya,” kata Rahmat.

Menurut Rahmat, adanya program Gertak maka masyarakat terhindar dari praktek percaloan, serta tidak mengganggu produktifitas. Karena masyarakat tidak perlu datang ke Dinas Dukcapil tapi petugas Disdukcapil yang mendatangi warga.

“Ini merupakan langkah strategis kami dalam mengejar percepatan kepemilikan dokumen kependudukan, dalam mewujudkan pelayanan yang maksimal,”paparnya.

Dijelaskan Rahmat, adminitrasi kependudukan (Adminduk) tidak serta merta dicetak, masyarakat mesti menyediakan persyaratan yang telah ditentukan. Seperti akta nikah, ijazah atau dokumen pendukung lainnya.

“Sekarang kita sudah punya peralatan M2M, peralatan tersebut dari pemerinta pusat mengunakan jaringan data portable. Jadi ketika di desa tersebut ada sinyal internet maka adminduk dapat dicetak,”pungkasnya.

PENULIS : Dedi Ariyanto

Tunggakan Capai Rp 7 M, PLN Putuskan Jaringan Pelanggan Bermasalah

Salurkan Dana Gubernur, Sumber Agung Adakan Sosialisasi Toga