Ilustrasi
in

Disbun Lakukan Peremajaan Kabun Karet

MUSIRAWAS,Silmed.id – Sebagai pusat komoditas nasional karet, Pemerintah Kabupaten Musi Rawas akan melakukan peremajaan perkebunan karet seluas 400 hektar. Demikian disampaikan Kepala Dinas Perkebunan Musi Rawas Subardi, kepada Silampari Media, Kamis (03/10/2019).

“Musi Rawas ini, dijadikan pusat komoditas nasional karet, jadi direncanakan aka nada peremajaan kebun karet seluas 400 hektar yang tersebar di Musi Rawas,” kata dia.

Untuk mendapatkan peremajaan kebun karet, sambung Subardi, petani harus tergabung dalam kelompok.” Silahkan mengajukan ke kami, nanti akan diproses sesuai dengan ketentuan yang ada, perlu dipahami oleh kelompok tani, bahwa kelompok tani yang bisa diproses yakni kelompok tani yang teregister,” ujarnya.

Dijelaskannya, dalam peremajaan kebun karet, pihaknya juga melakukan replanting kebun sawit, namun replanting kebun sawit, tidak diperkenankan kebun karet dirubah menjadi kebun sawit.” Untuk program replanting, kami mengangarkan Rp25 juta dalam satu hektar, uang tersebut berasal dari badan penghimpunan dana kelapa sawit yang dibentuk oleh Kementerian Keuangan,” paparnya.

Untuk replanting kebun sawit, sudah berjalan seperti di Desa Kota Baru dan Tri Mukti Kecamatan BTS Ulu.” Silahkan mengajukan nanti berkasnya dilakukan verifikasi, untuk yang berada di kawasan hutan tidak diperkenankan,” pungkasnya.

PENULIS : Dedi Ariyanto

Waka Polres Energik Dimutasi

Krisis Sinyal, Letak Geografis Jadi Kendala‎ Utama