in

Dinkes Akan Gelar Operasi Katarak Gratis

MUSIRAWAS,Silmed.id – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Musi Rawas ke 77, Dinas Kesehatan (Dinkes) bekerja sama dengan Persatuan Dokter Mata Sumatera Selatan.

“Kami akan lakukan operasi katarak, kami akan bekerja sama dengan Persatuan Dokter Mata Sumatera Selatan,” kata Kepala Dinas Kesehatan drg Hj Mifta Hulumi, melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakita Edwar Zuliyar, kepada Silampari Media, Selasa (25/02/2020) diruang kerjanya.

Pelaksanaannya sambung dia, akan dilaksanakan di RSUD Muara Beliti, pihaknya kerja sama dengan Persatuan Dokter Mata Sumsel, karena di Musi Rawas masih keterbatasan peralatan.

“Tujuan dari acara ini, untuk membantu penderita katarak agar mendapat perawatan medis, selain itu mengurangi angka kebutaan akibat katarak,” ujarnya.

Sebelum dilakukan operasi, penderita dilakukan screning oleh petugas kesehatan mata Puskesmas. Jika terindikasi katarak maka akan dilakukan operasi.

“Setelah screning, orang suspek katarak dikirim ke RS Sobirin untuk pemeriksaan lanjutan untuk memastikan apa bisa dioperasi atau tidak,”paparnya.

Pelaksanaan operasi pada 8 Maret 2020, batas maksimal peserta 60 orang atau sesuai kemampuan dokter.

“Yang sudah terdata untuk ikut operasi katarak sebayak 33 orang, sedangkan jumlah warga yang disangkakan katarak sebanyak 322 orang, mayoritas penderita berumur 40 tahun keatas,” pungkasnya.

PENULIS : Dedi Ariyanto

Pengedar Narkoba Asal Semangus Diringkus

Musim Penghujan, Harga Pangan Naik Lagi