ilustrasi.
in

Diduga Pengangkatan Sekdes Padu Raksa Tak Sesuai Perbup

MUSI RAWAS, Silmed.id – Pengangkatan Sekretaris Desa (Sekdes) Padu Raksa Kecamatan Suku Tengah Lakitan (STL) Ulu Terawas, diduga tidak sesuai dengan peraturan bupati (Perbup).

Seperti diketahui sebagaimana dalam Perbup Nomor 80 Tahun 2018 tentang Petunjuk Pelaksanaan Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa. Dimana aturan tersebut pengangkatan perangkat Desa termasuk Sekdes harus ada penjaringan seleksi oleh panitia Desa dan Kecamatan serta melalui tes.

Menanggapi hal tersebut Kades Paduraksa Kecamatan Terawas Kabupaten Musi Rawas, Majni mengakui bahwasanya jabatan Sekdes di Desanya tersebut mengalami kekosongan setelah Sekdesnya yang berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS).

“Kalau tidak segera ada pengangkatan Sekdes yang baru bagaimana proses administrasi Desa kami bisa berjalan,”kata Majni kepada Silampari Media, Jum’at (23/8/2019).

Ai menjelaskan bahwa, dalam proses pengangkatan Sekdes yang lalu maka ia mewajibkan harus mengoperasikan laptop agar dalam proses pengurusan adminirasi Desa bisa berjalan dengan baik.

“Kebetulan Sekdes yang baru diangkat ini bisa mengoperasikan laptop. Maka dari itu saya tunjuk jadi Sekdes,”terangnya.

Mengenai proses pengangkatan tidak sesuai Perbup Nomor 80 Tahun 2018 sendiri dan harus melalui penjaringan seleksi oleh panitia Desa dan Kecamatan. Maka ia mengakui hal tersebut sudah dikoordinasikan dengan pihak Kecamatan dan tidak bisa memaksakan sesuai dengan Perbup bilamana pada kenyataan dibawah Sekdes tidak bisa bekerja.

“Artinya saya tidak bisa sesuai dengan aturan apabila dibawah Sekdes tidak bisa bekerja,”ungkapnya.

Sementara itu, Camat Terawas, Saparudin Husein menjelaskan bahwa untuk jabatan Sekdes Paduraksa sifatnya hanya sementara hingga akhir tahun guna mengisi kekosongan jabatan tersebut setelah mantan Sekdes yang berstatus sebagai PNS ia tarik ke Kecamatan. Namun, ditahun 2020 Sekdes Paduraksa harus dipilih ulang sesuai dengan Perbup 80 tahun 2018.

“Saya pastikan tahun depan pengangkatan Sekdes Paduraksa harus sesuai dengan aturan dan proses yang ada yakni melalui penjaringan seleksi serta tes,”pungkasnya.

PENULIS : Dedi Ariyanto
EDITOR : Aulia Azan Siddiq

Plasma Hanya Satu Kelurahan dan Dua Desa

Berbarengan Dengan Tewasnya Mak Ipung, Petugas Damkar Berjibaku Selamatkan Dua Titik Api