Kebakaran di Desa Sukamenang, Kecamatan Karang Jaya yang menghanguskan empat rumah. Foto : ist
in

Diduga Konsleting Listrik, Empat Rumah di Sukamenang Jadi Korban Sijago Merah

LUBUKLINGGAU, Silmed.id – Selepas Dzuhur atau sekitar pukul 12.30 WIB, Selasa (3/9/2019) kepanikan mendera warga Dusun II Desa Suka Menang, Kecamatan Karang Jaya, Kabupaten Musirawas Utara. Penyebabnya lagi-lagi adalah si Jago Merah.

Tak tanggung-tanggung, empat rumah jadi santapannya. Adalah milik Zainuddin (38), Amran (65), Saman (60), serta Abu Resio (70) yang hangus dilalap api.

Salah seorang saksi mata, Muslipa, seperti yang dilansir Linggau Pos, mengaku terkejut saat pertama kali melihat asap tebal keluar dari rumah milik Amran. Sontak Muslipa berteriak kepada keluarga Amran memberitahu bahwa terjadi kebakaran di rumahnya. Namun karena jam istirahat, keadaan dusun nampak sepi, akhirnya Muslipa dan kerabat korban Amran memberitahukan lewat pengeras suara masjid.

“Baru setelah itu masyarakat berkumpul dan berusaha mencari cara agar api bisa dipadamkan,” ujar Muslipa.

Api semakin membesar dan warga semakin panik karena api mulai menyambar rumah lain di sisi kiri dan kanannya. Api begitu cepat membesar karena material rumah sebagian besar dari kayu. Bahkan api membumbung tinggi hingga ketinggian sekitar lima meter.

Tanpa didukung dengan peralatan yang memadai, perjuangan warga nampak sia-sia, api semakin cepat melalap bangunan lain di sisi kiri kanannya, bahkan rumah Amran telah rata dengan tanah.

Adriano, warga lainnya yang ikut memadamkan api menjelaskan jika api tersebut begitu besar sehingga perlawanan warga nampak sia-sia. Namun setelah warga menggunakan enam unit pompa air, kembali optimis warga memuncak untuk menjinakkan si jago merah. Benar saja, api berhasil dikecilkan.

“Setelah itu baru petugas pemadam kebakaran tiba dan membantu memadamkan sisa api yang Masih membakar, serta bara-bara api yang masih menyala. Namun sayang tiga rumah sudah habis dan satu rumah lagi sudah sebagian terbakar,” ujar Adriano.

Ketiga rumah yang ludes yakni milik Amran, Zainudin, dan Saman. Ketiganya bahkan tidak sempat menyelamatkan barang satupun dari dalam rumah. sementara rumah milik Abu Resio terbakar sebagian.

Menurut keterangan Kepala Desa Suka Menang, Jamel, pihaknya mendapat laporan bahwa dugaan sementara kebakaran ialah konsleting listrik.

“Dengan kejadian ini, kami sangat berharap pihak PLN untuk memperhatikan seluruh kabel-kabelnya yang disalurkan kepada masyarakat. Untuk di cek kualitasnya serta keamanannya terhadap masyarakat, jangan sampai ke depan kejadian ini terulang kembali” harap dia.

Beruntung dalam kejadian tersebut tidak terdapat korban jiwa, namun kerugian ditaksir hingga ratusan juta rupiah.

PENULIS : Bayu Pratama Sembiring
EDITOR : Aulia Azan Siddiq

Dua Tahun Tak Tersentuh, Buruh Pencuri Sepeda Motor Akhirnya Tertangkap

Dua Hari Kebakaran Lahan PT CLBB di Semangus, Hingga Kini Masih ‘Membara’