in

Dibuka Ratusan Lowongan Kerja Berijazah SMA Hingga S1, Besok Terakhir

LUBUKLINGGAU, Silmed.id – Guna menekan angka pengangguran di Kota Lubuklinggau. Pemerintah Lubuklinggau membuka job fair yang digelar pada 18-19 Oktober 2019 di Lippo Mall lantai 2.

Direktur Penempatan Tenaga Kerja Dalam Negeri Kementerian Tenaga Kerja (Kemennaker) RI, Nurahman menyebutkan, Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Kota Lubuklinggau sebenarnya masih berada di bawah nasional.

“Dengan jumlah pengangguran sebanyak 5.084 orang per Agustus 2018, itu berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), TPT di Kota Lubuklinggau sebesar 4,5 persen, di bawah nasional yang mencapai 5,01 persen,” terang Nurahman.

Menurutnya, salah satu faktor munculnya pengangguran karena terbatasnya informasi bagi Pencari Kerja (pencaker) atas lowongan yang dibuka oleh penyedia kerja.

Selain itu, cukup rendahnya ketersediaan pencaker yang sesuai dengan kompetensi dan kebutuhan dari perusahaan, menyebabkan lahirnya pengangguran baru.

“Job fair ini merupakan salah satu cara untuk mempertemukan pencaker dengan penyedia kerja atau perusahaan sesuai dengan minat, bakat, dan kompetensinya,” lanjutnya.

Namun, Kementerian Tenaga Kerja mulai tahun depan tidak hanya akan fokus menggelar job fair, melainkan mulai tahun 2020 akan dilaksanakan Talent Fest.

Melalui program tersebut diharapkan dapat dilahirkan start up baru yang justru mampu menciptakan lapangan kerja baru.

Ia juga mengingatkan agar dalam penyelenggaran job fair tidak ada pungutan sama sekali karena hal tersebut telah diatur sesuai Undang-Undang.

“Di DKI (Jakarta) itu sering job fair dijadikan kesempatan untuk mendapatkan uang, padahal tidak diperbolehkan. Jadi harus digelar secara gratis bagi pencaker,” katanya.

Tak hanya itu, ia juga mengingatkan agar dalam proses penjaringan tenaga kerja, perusahaan swasta harus menyediakan 1 persen dari lowongan bagi penyandang disabilitas. Sedangkan, bagi instansi pemerintah, BUMN, dan BUMD sebesar 2 persen.

Job fair 2019 yang digelar juga dalam rangka HUT ke-18 Kota Lubuklinggau ini diikuti 34 perusahaan baik lokal maupun nasional. Panitia telah menerima pendaftaran secara online sebanyak 1.300 akun dan dalam job fair tersebut rencananya akan dibuka bagi 714 lowongan.

Untuk diketahui, jika pelaksanaan job fair 2019 di Kota Lubuklinggau ini dinilai pencaker jauh lebih mudah dibanding di daerah lain. Ini dikarenakan, dengan sistem scan barcode, pencaker tidak perlu membawa banyak kertas sebagai lamaran pekerjaan. Pencaker sebelumnya mendaftar dari website bursa kerja dan akan mendapatkan barcode serta akun. Akun tersebut nantinya dapat melakukan scan barcode.

Kemudian pencaker langsung melakukan scan barcode di setiap kertas yang telah diberikan dengan berbagai posisi disediakan.

PENULIS: Joefan Saputra

EDITOR: Dodi Chandra

Pembangunan Mapolres Muratara Dimulai

Tiga Pimpinan DPRD Mura Diambil Sumpah Janji Jabatan