Sesaat sebelum petugas Damkar tiba, Warga berusaha memadamkan api yang menjalar membakar lahan di salah satu kebun warga di Kelurahan Marga Mulya, Kecamatan Lubuklinggau Selatan II, Selasa (10/9/2019).
in

Di Waktu Hampir Bersamaan, Dua Kebakaran Lahan Kembali Satroni Lubuklinggau

LUBUKLINGGAU, Silmed.id – Kebakaran lahan lagi-lagi terjadi di wilayah Kota Lubuklinggau. Hari ini, Selasa (10/9/2019) seperti tak punya waktu lain, Sijago Merah langsung membakar dua titik lahan dengan waktu yang hampir bersamaan. Titik pertama kebakaran yakni di Jl. KBS Kelurahan Marga Mulya, Kecamatan Lubuklinggau Selatan II.

Kejadian awalnya diketahui oleh Babinsa yang bertugas di wilayah Kelurahan Marga Mulya, sekira Pukul 12.30 WIB. Babinsa langsung menghubungi petugas pemadam kebakaran. Tepatnya sekira Pukul 13.20 WIB Petugas Pemadam Bahaya Kebakaran (PBK) Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPKPB) Kota Lubuklinggau tiba di lokasi dan langsung melakukan pemadaman. Meski tidak ada korban jiwa, api setidaknya telah berhasil melahap lebih kurang setengah hektare lahan kebun milik warga yang belum diketahui siapa pemiliknya.

“Satu unit mobil pemadam (kebakaran) dikerahkan, yaitu dari posko timur,” ungkap Mahali, Kasi Operasional DPKPB Kota Lubuklinggau.

Belum selesai pemadaman di Marga Mulya, sekira Pukul 13.35 WIB, sudah ada kabar kembali terjadi kebakaran lahan di wilayah Perumahan Polisi Kelurahan Muara Enim, Kecamatan Lubuklinggau Barat I. Petugas Damkar Posko Barat langsung meluncur ke lokasi dan tiba di lokasi sekira Pukul 13.58 WIB.

Selang beberapa saat petugas berhasil melakukan pemadaman api dan melakukan pendinginan, namun api lagi-lagi telah berhasil melahap lebih kurang setengah hektare lahan perkebunan milik warga. Semak yang kering serta angin yang bertiup kencang menjadi penyebab cepatnya api menjalar melahap lahan.

“Untuk itu lagi-lagi kami himbau untuk bersama bertanggung jawab terhadap lingkungan kita. Jangan buang puntung rokok sembarangan dan jangan membakar sampah yang tidak anda kontrol,” tutup Mahali.

PENULIS : Bayu Pratama Sembiring
EDITOR : Aulia Azan Siddiq

Kades Pimpin Musdes, Warga Datangi DPMD

Proses Menjadi Sekolah Wisata Edukatif, Sekolah Ini Bangun Beberapa Fasilitas