in

Di-PHK Tanpa Pesangon, Lima Eks Karyawan PT Lonsum Datangi Kantor Bupati

MURATARA, Silmed.id – Lima pekerja PT. Lonsum Sei Kepayang Estate menyambangi kantor bupati untuk mengantar surat tembusan terkait pemberhentian sepihak oleh perusahaan tanpa pesangon. Mereka berharap, ada bantuan penyelesaian masalah mereka.

Warga Kecamatan Nibung Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) itu menerangkan bahwa sejak diberhentikan pada Mei 2019 lalu hingga hari ini, belum menerima pesangon atau dana konvensasi seperti yang dijanjikan oleh pihak perusahaan.

Anjas Lukita, Salah seorang eks pekerja yang diberhentikan mengatakan dirinya bekerja sejak tahun 2006 atau lebih kurang sekitar 14 tahun sebagi Pekerja Harian Lepas (PHL) PT. Lonsum Sei Kepayang Estate. Namun pada bulan Mei 2019 dirinya diberhentikan secara sepihak, tanpa pesangon. Sementara pihak perusahaan pernah berjanji untuk memberikan semacam uang konvensasi.

“Maksud dan tujuan kami datang ke kantor Bupati Muratara untuk meminta bantuan penyelesaian kejelasan tentang hak dan kewajiban kami selama kami berkerja seperti yang telah dijanjikan oleh pihak perusahaan untuk diberi uang konvensasi atau uang pesangon,” jelas Anjas.

Senada dikatakan Yetra, Kuasa Hukum dari lima pekerja yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) meminta agar diteruskan kepada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) bisa dilakukan mediasi terkait permasalahan yang telah dijanjikan.

“Karena hingga saat ini, tanpa ada keputusan yang jelas oleh pihak perusahaan, maka dengan jalur ini kami tempuh dan menuntut hak kami untuk diberikan,” ujar Yetra.

PENULIS: Dodi Chandra

PT MEDCO E&P Bantu Masyarakat Korban Banjir Kikim Timur

RSUD Rupit Diduga Beli Alat Seken