in

Di Musi Rawas Ada Aktivis Perlindungan Anak, Kini Tengah Dilatih Kemampuan dan Ketrampilannya

MUSIRAWAS, Silmed.id– Aktivis Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) dilatih, agar kemampuan dan keterampilan meningkat. Pelatihan dilaksanakan di Balai Latihan Kerja (BLK) Muara Beliti, Senin (26/8/2019).

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Musi Rawas Jamil Kamal mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mewujudkan perlindungan anak di desa dan kelurahan.

“Pelatihan ini bertujuan untuk memperkuat kemampuan dan keterampilan pada aktivis PATBM, di tingkat desa dan kelurahan,” jelas dia.

Dikatakannya, kedepannya para aktivis mampu melaksanakan tugas dan fungsinya untuk mewujudkan upaya perlindungan anak, dari tindak kekerasan yang berhasil dan berkelanjutan di tingkat masyarakat. Serta bermanfaat untuk meningkatkan kapasitas peserta pelatihan, sehingga mempunyai kemampuan untuk terlibat aktif dalam perlindungan anak dan mengisi indikator disetiap klaster dalam kabupaten layak anak (KLA).

“Ini sebuah gerakan dari jaringan atau kelompok warga, pada tingkat masyarakat yang bekerja secara berkoordinasi untuk mencapai tujuan perlindungan anak,” ujarnya.

Lanjut ia, aktivis PATBM menjadi ujung tombak dan menjadi bagian dari sistem perlindungan anak yang dijalankan berdasarkan kebijakan dan peraturan yang berlaku, dengan menggunakan fungsi struktur kelembagaan yang sudah ada atau dibentuk di tingkat lokal desa/kelurahan yang berjejaring dengan berbagai kelembagaan perlindungan anak dan pemerintah secara berjenjang.

“Selain itu, kegiatan ini juga pada dasarnya adalah pelatihan motivasional, yaitu mendorong peserta untuk mempunyai paradigma dan sikap mental positif yang mendukung upaya perlindungan anak yang merupakan tanggung jawab bersama,” jelasnya.

PENULIS : Dedi Ariyanto
EDITOR : Dodi Chandra

Seolah Tiada Henti, Lubuklinggau Terus Disatroni Kebakaran

Pembangunan Kantor KUA Terkendala Hibah Lahan