in

Depresi, Pasien Karantina Dipulangkan

LUBUKLINGGAU,Silmed.id – Sudah puluhan ODP dan OTG yang selesai menjalani karantina ataupun isolasi di Lubuklinggau, baik di rumah sehat maupun mandiri. Jumlah yang masih diisolasi juga puluhan orang.

Namun dari satu diantaranya dipulangkan dari Rumah Sehat Silampari, agar menjalani isolasi mandiri. Pasalnya yang bersangkutan depresi terlalu lama diisolasi, yakni sebulan atau sudah enam kali menjalani tes swab.

“Untuk kondisi warga yang  diisolasi di rumah sehat semuanya sehat, hanya satu yang defresi, akhirnya karena khawatir kita suruh isolasi mandiri,” kata Wali Kota Lubuklinggau H SN Prana Putra Sohe usai meresmikan barak isolasi di lapangan eks Kompi.

Diakui Walikota, ia tidak serta merta menyetujui orang tersebut untuk isolasi mandiri. Sehingga yang bersangkutan membuat surat pernyataan.

“Dari pada depresi ada apa-apa di sana, mendingan dia keluar agak tenang. Sebab bagian dari obatnya Covid-19 ini adalah ketenangan, padahal disana fasilitasnya ada TV ada AC dan makanan diberi terus,” jelasnya.

Selain itu supaya tidak menimbukan kejenuhan kepada yang lainnya, ia mengaku akan memberikan kuota internet, supaya mereka (yang ada di rumah sehat) bisa melihat dunia luar dan bisa nelpon atau video call saudaranya.

“Lalu cara lainnya kedepan supaya tidak jenuh, nanti dalam waktu dekat ini ibu-ibu PKK Kota Lubuklinggau akan memberikan pekerjaan membuat kerajinan supaya tidak jenuh, intinya kerajinan ini bermanfaat bagi mereka,” terangnya.

Ia menyampaikan mengapa hal tersebut dilakukan, sebab ada pasien yang sudah enam kali diambil swab testnya, artinya yang bersangkutan sudah satu bulan lebih di sana.

“Yang dikhawatirkan ketika sudah satu bulan pasien itu, akan tambah depresi, itulah kita coba menenangkan dan meminta pasien tetap sabar sembari akan memenuhi kebutuhannya,” ungkapnya.

Ia pun meminta kepada para pasien jika terjadi apa-apa segera melapor ke dokter jaga, nanti dokter akan menyampaikannya, misalkan makannya kurang bagus, maka makanan akan diganti bagus.

“Termasuk kemudian ketika keluhan di rumah sehat tidak ada yang memberi makanan, saya akan segera mengirimkan sembako, supaya itu jangan jadi pikiran,” pungkasnya.

PENULIS : Putri Rianita

Perampok Asal Muara Lakitan Diringkus

Bantuan Sembako Tahap III Dibagikan, Diawali Kecamatan Linggau Barat I