Bupati Muratara, H Syarif Hidayat (dua dari kiri) dan Bupati Musirawas, H Hendra Gunawan (dua dari kanan) berpoto bersama Kapolres Mura, AKBP Suhendro (pertama dari kiri), Dandim O404 MLM, Letkol Inf A’an Setiawan (pertama dari kanan) dan Kapolda Sumsel, Irjen Pol Firli Bahuri (tengah) setelah menandatangani surat penyerahan bantuan motor roda empat dari Polres Mura kepada Kabupaten Mura dan Muratara. Foto : Bayu Silmed
in

Dengan Surat Dari Kemenpan-RB, Polres Muratara Semakin Dekat Menuju Waktu Kelahiran

MUSIRAWAS, Silmed.id – Pembentukan otonom baru Polres Muratara nampaknya telah mendapatkan titik terang. Melalui surat Kementrian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) Republik Indonesia, Nomor: B/849/M.KT.01/2019 tertanggal 18 September 2019 perihal peningkatan tipe dan pembentukan Polres, maka hanya tinggal menunggu surat keputusan dari Kapolri, Polres Muratara akan siap dibentuk.

Hal tersebut disampaikan oleh Kapolres Mura, AKBP Suhendro, ketika memberikan laporan dalam acara tatap muka Kapolda Sumsel bersama unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkominda) dan personil Polres Mura, Jum’at (20/9/2019).

“Alhamdulillah kita sudah mendapatkan kabar melalaui pesan WA (Whatsapp) dari Kemenpan-RB, terkait pembentukan Polres Muratara. Ini semua tentu karena berkat dukungan dari semua pihak, baik masyarakat maupun pimpinan daerah Mura dan Muratara,” ujar Suhendro.

Sementara Kapolda Sumsel, Irjen Pol Firli Bahuri, dalam sambutannya meminta kepada kepala daerah untuk bekerjasama dengan pihak kepolisian, agar Polres baru tersebut dapat dengan layak menempati Muratara.

“Jangan sampai seperti kisah saya waktu memimpin Polres Lampung Timur, saat Polres itu terbentuk semua fasilitas, sarana dan prasarana semuanya tidak ada. Bahkan kantorpun tidak ada. Saya beritahukan apa adanya dengan Kapolda, Kapolda malah marah sama saya,” terang Firli seraya bercanda.

Selain itu dirinya pun menjelaskan alur dalam rangka membentuk Polres Baru.

“Memang seperti alurnya, Polres mengajukan Kepada Polda, Kapolda akan lanjutkan kepada Kapolri dan Kapolri akan menyampaikan permohonan kepada Kemenpan-RB. Setelah itu akan dijawab oleh Kemenpan-RB, dan akan ditindaklanjuti dengan Surat Kapolri kepada Polda dan Polres bahwa telah disetujui,” ungkap pria Kelahiran 56 Tahun yang lalu itu.

Sementara Bupati Muratara, H Syarif Hidayat menyambut gembira kabar tersebut. Karena menurutnya, Pemkab dan Polri akan lebih mudah dalam sinergi dengan adanya Polres baru tersebut.

“Alhamdulillah, Insya Allah kami akan upayakan semaksimal mungkin bersinergi dengan pihak Kepolisian khususnya Polres baru. Untuk itu mohon doanya agar Polres Muratara segera terbentuk,” ujar Bupati definitif pertama di Bumi Beselang Serundingan itu.

PENULIS : Bayu Pratama Sembiring
EDITOR : Aulia Azan Siddiq

Firli Soroti Media Terkait Pilkada

Ribuan Pramuka Bakal Berkemah di Muratara