in

Debit Sungai Musi Naik, Musi Rawas Waspada Banjir

MUSIRAWAS,Silmed.id – Debit air sungai musi terus naik, beberapa desa dilima kecamatan di Kabupaten Musi Rawas waspada bencana banjir.

Pantauan Silampari Media, Senin (9/12/2019), ketinggian di Kecamatan Muara Lakitan, sekitar satu meter dari bibir sungai, hal yang sama juga di Kelurahan Muara Kelingi Kecamatan Muara Kelingi.

“Sampai saat ini, debit air masih normal dan luapan air musi belum masuk ke pemungkiman,” jelas Timor, Lurah Muara Kelingi.

Menurut dia, biasanya jika debit air naik, maka air masuk pertama kali di RT 1, lalu merambat ke RT lainnya. Seiring naiknya debit air sungai, maka dirinya meminta kepada warga untuk waspada bencana banjir.

Terpisah, Kepala BPBD Musi Rawas, Paisol mengatakan, hingga saat ini belum ada laporan bencana banjir diwilayah Kabupaten Musi Rawas. Pihaknya terua memonitor debit air.

“Saya menghimbau kepada camat, lurah dan kades agar memantau wilayahnya dan mensosialisasikan kepada masyarakat, bahwa masuk musim penghujan debit air akan meningkat,” kata dia.

Terkait hal itu, agar mengurangi aktivitas mengunakan perahu, serta mengawasi anak-anak, jangan bermain disungai. Takutnya nanti terseret arus.

“Kami membuka posko 24 jam dan siap meluncur ke TKP,” ujarnya.

Ditambah dia, wilayah yang biasa terkena banjir yakni Kecamatan BTS Ulu, Muara Kelingi, Muara Lakitan, Megang Sakti dan sebagian di Kecamatan STL Ulu Terawas dan Selangit.

“Jumlah KK dampak banjir tergantung dari besar kecilnya banjir,”pungkasnya.

PENULIS : Dedi Ariyanto

Jual Kikil Berformalin Eva Yusnita Dibekuk Polisi

Ari Wibowo Jabat Kades Prabumenang