PADAMKAN : Petugas Pemadam Bahaya Kebakaran saat memadamkan api di Kelurahan Lubuk Durian, Kecamatan Lubuklinggau Barat I, Kamis (15/08/2019) sekira Pukul 10.50 WIB.
in

Dari Lubuk Durian, Kupang, Hingga Petanang Mengalami Kebakaran, PBK Sukses Dinginkan Semua Hot Spot

Saksikan Pula Video Siaran Ulang, Langsung dari Lokasi Kebakaran

LUBUKLINGGAU, Silmed.id – Dalam satu hari ini, Kamis (15/08/2019) Petugas Pemadam Bahaya Kebakaran (PBK) Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPKPB) Kota Lubuklinggau disibukkan dengan tiga lokasi kebakaran di wilayah Kota Lubuklinggau. Namun dengan kesigapan Petugan PBK “si jago merah” yang mulai liar berhasil dijinakkan dan dipadamkan.

Kepala DPKPB Kota Lubuklinggau H Luthfi Ishak melalui Kepala Seksi Operasional, Mahali, menerangkan jika kejadian pertama terjadi di Jalan Muhammad Hasan Kelurahan Lubuk Durian, Kecamatan Lubuklinggau Barat I.

“Yang pertama lokasinya di lingkar Barat, Kelurahan Lubuk Durian, kebakaran lahan juga, kejadian sekitar pukul 10.00 WIB. Api berhasil dipadamkan sekira Pukul 10.51 WIB. DPKPB menerjunkan dua unit mobil posko Utara dan Barat,” ungkap Mahali saat berada di lokasi ketiga terjadinya kebakaran di Jalan Soekarno-Hatta Kelurahan Petanang Ulu, Lubuklinggau Utara I.

Kemudian Mahali melanjutkan, lokasi Kedua dan Ketiga kebakaran berlangsung hampir bersamaan, yaitu sekira pukul 12.00 WIB.

Petugas Pemadam Bahaya Kebakaran saat menyemprotkan air dari atas mobil Damkar saat memadamkan kebakaran di titik ketiga kebakaran Kelurahan Petanang Ulu (di Belakang Kolam Renang Sport Center Lubuklinggau), Kamis (15/08/2019) sekira Pukul 13.30 WIB.

“Lokasi kedua di Kelurahan Kupang, Kecamatan Lubuklinggau Selatan I, yang terbakar merupakan lahan Hutan bambu, dua unit mobil juga dikerahkan untuk memadamkan kebakaran tersebut, untuk korban sendiri nihil,” ujar Mahali.


Prosesi Pendinginan Saat DPKPB berhasil memadamkan api yang menghabiskan lahan belukar di pinggir jalan Soekarno-Hatta (Depan SMA N 3 Lubuklinggau), Kelurahan Petanang Ulu, Lubuklinggau Utara I.

Kemudian lokasi ketiga yaitu di Jalan Soekarno-Hatta Kelurahan Petanang Ulu, Kecamatan Lubuklinggau Utara I (Di depan SMAN 3 Lubuklinggau). Kebakaran menjalar di tiga titik, titik pertama di pinggir jalan Lintas, titik kedua di pinggir jalan menuju Sport Center dan titik ketiga di belakang kolam renang Sport Center Petanang.

Dari pantauan Silampari Media di lapangan api berhasil dipadamkan setelah petugas selama lebih kurang satu jam setengah berjibaku memadamkan api. Kejadian tersebut juga menerjunkan dua unit mobil damkar posko Utara dan Selatan serta satu unit Water Canon milik Brimob Lubuklinggau.

Di lokasi juga tampak terlihat petugas kepolisian baik dari Polsek Utara maupun Kompi Brimob Lubuklinggau, bahkan Dandim 0406 Musirawas, Letkol Inf A’an Setiawan ikut memantau di lokasi kejadian dengan beberapa Personil TNI dan Babinsa Utara I.

“Petugas berhasil memadamkan api setelah lebih kurang satu jam setengah berusaha memadamkan api, dua unit mobil di kerahkan dengan masing-masing satu kali mereload air di mobil. Alhamdulillah semua kejadian tidak ada korban jiwa,” sambung Mahali.

Dirinya pun berpesan kepada seluruh masyarakat untuk ikut peduli dan bertanggung jawab terhadap kebakaran lahan yang berpotensi merugikan semua pihak.

“Masyarakat kami harapkan untuk peka terhadap lingkungan sekitar, apalagi musim kemarau seperti ini sangat rentan kebakaran lahan. Ayo sama-sama peduli,” tutupnya.

PENULIS : Bayu Pratama Sembiring
EDITOR : Aulia Azan Siddiq

Meriahkan HUT RI, 43 Tim Gerak Jalan Adu ‘Kompak’  

Banyak Desa Tak Memiliki Tapal Batas