ilustrasi
in

Dana Kelurahan Masuk RKA Kecamatan

MUSI RAWAS, Silmed.id – Anggaran Kelurahan yang dikucurkan masuk dalam Rencana Kerja Anggaran (RKA) kecamatan, karena tidak ada Organisasi Perangkatnya Daerah (OPD) yang membawahi Kelurahan.

Hal tersebut seperti yang disampaikan Kabag Tapem Setda Musi Rawas, Risman Sudarisman kepada Silampari Media, Senin (29/7).

“Kelurahan itu langsung di bawah kecamatan. Jadi yang membawahinya ya kecamatan,”jelas Risman.

Ditambah dia, untuk mengatur dana kelurahan, ada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri). Selanjutnya ada Peraturan Bupati.

“Kelurahan merupakan bagian perangkat daerah, jadi berlaku peraturan yang ada selama ini di perangkat daerah tidak seperti desa,” tambah dia.

Sementara itu, Sekretaris DPMD (Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa) Musi Rawas Aleksander mengatakan, pihaknya hanya mengatur desa, sebab didalam bidang yang ada, tidak ada yang dapat mengatur desa.

“Informasinya, dana kelurahan masuk dalam RKA kecamatan, kami hanya memantau dan membina desa,” kata dia.

Sekretaris DPKAD (Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah), H Desriwan Tabrani mengatakan, sejauh ini sudah ada tiga Kelurahan yang mencairkan dana kelurahan, yakni Kelurahan Megang Sakti, Muara Beliti dan BTS Ulu.

“Anggaran yang cair berkisar, Rp60 juta hingga Rp100 juta. Ini pencairan tahap pertama, karena dalam satu tahun terdapat tiga kali pencairan,”kata dia.

Dana kelurahan tambah dia, dipergunakan untuk sarana dan prasarana kelurahan, seperti pembangunan drainase dan pemberdayaan masyarakat.

“Pencarian tahap dua bisa dilakukan, setelah tahap pertama di realisasi dengan dibuktikan SPJ,”pungkasnya.

PENULIS : Dedi Ariyanto
EDITOR : Aulia Azan Siddiq

Sempat Miss Komunikasi, Audiensi Lanjutan Pemkot dan Warga Disepakati Pukul 14.00 WIB Hari Ini di OP Room Moneng Sepati

Warga Keluhkan Pungutan Pemasangan Jargas