Andi (35) warga Jalan Patimura RT 05 Kelurahan Muara Enim, Kecamatan Lubuklinggau Barat I, ditangkap Unit Reskrim Polsek Lubuklinggau Barat karena melakukan tindap pidana pencurian dengan kekerasan. Foto : Rio Silmed
in ,

Coba Kabur, Pelaku Curas Lintas Provinsi Ditembak Polisi

LUBUKLINGGAU, Silmed.id – Pelaku pencurian dengan kekerasan (Curas), Aripandie alias Andi (35) berhasil diamankan oleh anggota reskrim Polsek Lubuklinggau Barat. Penangkapan tersebut bertempat di salah satu rumah warga di Kelurahan Muara Enim, Kecamatan Lubuklinggau Barat I, Rabu (8/8/2019) sekitar pukul 21.00 WIB.

Andi merupakan pelaku begal terhadap Husni Tamrin (40) warga Jalan Letkol Atmo RT 05 Kelurahan Sukajadi, Kecamatan Lubukliggau Barat I, tukang ojek yang menjadi korban curas di Gang Kolbi Kelurahan Muara Enim, pada Jum’at (5/4/2019) sekitar pukul 05.30 WIB.

Dalam aksi begal itu, warga RT 05 Kelurahan Muara Enim ini merampas sepeda motor Honda Supra milik korban yang tidak berdaya karena diancam menggunakan pisau pada bagian lehernya. Sebelum kejadian, pelaku berpura-pura sebagai penumpang dan meminta diantarkan ke Kelurahan Muara Enim menodongkan sebilah pisau yang dibawanya ke leher korban.

Pengungkapan kasus curas ini berawal informasi yang mengatakan pelaku sedang berada di Kelurahan Muara Enim. Kemudian Katim Buser Polsek Lubuklinggau Barat, Aiptu Ibnul melakukan pengintaian. Ternyata informasi itu benar dan langsung dilakukan penangkapan.

“Pada saat ditangkap tersangka sempat melakukan perlawanan, sehingga anggota terpaksa mengambil tindakan tegas agar tersangka tidak melawan aparat,” kata Kapolres Lubuklinggau, AKBP Dwi Hartono melalui Kanit Reskrim, Aiptu Faisal, Kamis (8/8/2019).

Kemudian tersangka diminta untuk menunjukkan lokasi dimana dirinya melakukan aksinya. Ternyata kesempatan ini digunakan tersangka untuk melarikan diri.

“Anggota yang tidak mau kecolongan langsung melakukan tindakan tegas dengan menembak kaki kanan tersangka,” ucap Faisal.

Ketika dilakukan interogasi, pelaku mengakui dirinyya dua kali melakukan curas, untuk TKP ke dua yakni di depan SDN 15 Lubuklinggau, bahkan korbannya mengalami luka tusuk di bawah ketiak sebelah kiri karena mencoba mempertahankan motornya. Beruntung motor korban tidak berhasil dibawa pelaku karena korban melawan dan akhirnya pelaku melarikan diri.

“Menurut keterangan tersangka motor milik Husni Tamrin dibawanya ke Desa Embacang, Kecamatan Karang Jaya, Kabupaten Muratara, lalu menjualnya seharga Rp1,5 juta. Dimana uang tersebut dihabiskan tersangka untuk pesta narkoba dan memenuhi kebutuhan sehari-hari,” jelas Faisal.

Dari penangkapan itu, anggota Polsek Lubuklinggau Barat menemukan barang bukti (BB) berupa satu buah,satu kunci letter T dan sebuah topi.

Diterangkan Aiptu Faisal, Andi sudah dua kali masuk ke panjara, pertama di Lubuklinggau tahun 2004 dan di Kabupaten Bangko Provinsi Jambi tahun 2017 lalu, dengan kasus yang sama yakni curas.

“Saat menjalankan aksinya, tersangka selalu melakukan seorang diri. Dan modus yang digunakannya selalu sama, yakni berpura-pura sebagai penumpang,” tutup Aiptu Faisal.

PENULIS : Rio Rivaldo
EDITOR : Aulia Azan Siddiq

Tak Ada Tes Kejiwaan Susulan

Mediasi Eks PT SGU Belum Temui Kata Sepakat