in

Cegah Virus Corona, Kades Gunakan Dana Talangan

MUSIRAWAS,Silmed.id – Guna penanganan dampak dari virus corona, pemerintah desa (Pemdes) dapat membuat program dalam APBDes perubahan.

“Sudah ada surat edaran menteri desa, guna melakukan pencegahan virus corona, seperti melakukan disinfentan, pengadaan sabun dan alat cuci lainnya, program padat karya tunai dan membentuk relawan desa,” kata Kepala DPMD Ahmadi Zulkarnain melalui Sekretaris Aleksander kepada Silampari Media, kemarin.

Dalam melakukan program padat karya tunai, pemdes harus berkoordinasi dengan Dinas Sosial, sebab jangan sampai program tersebut tumpang tindih dengan program PKH atau bantuan non tunai.

“Kendati APBDes sudah disahkan, kades dapat mengunakan dana talangan, selanjutnya dianggarkan dalam anggaran perubahan,” ujarnya.

Menurut Alek, sebelum adanya keputusan menteri desa, pihaknya sudah membuat surat edaran ke desa untuk segera menangani penyebaran virus corona.

“Jika dalam kondisi normal, APBDes dapat melakukan perubahan hanya satu kali, tapi dalam kondisi luar biasa seperti sekarang dapat dilakukan dua kali, dan tidak perlu diketahui oleh bupati,” ucapnya.

PENULIS : Dedi Ariyanto

Bakso Charles Disegel Warga

Cegah Covid 19, BPBD Dirikan Pos Diperbatasan Musi Rawas