in

Cegah Penyebaran Virus Corona, Pemdes Pulau Panggung Dirikan Posko

MUSIRAWAS,Silmed.id – Guna memutus mata rantai penyebaran virus corona (Covid 19), Pemerintah Desa (Pemdes) Pulang Panggung Kecamatan Muara Kelingi mendirikan posko di perbatasan desa.

” Warga yang masuk Desa Pulau Panggung harus dicek, baik itu pedagang maupun warga melintas,” kata Kades Pulau Panggung Rozali kepada Silampari Media, Rabu (08/04/2020).

Dalam mendirikan posko, pihaknya bekerja sama dengan tenaga kesehatan, kepolisian, TNI dan BPD. Posko berada dipintu masuk Desa Pulau Panggung.

“Sebelum mendirikan posko, kami sudah melakukan penyeprotam disifektan dipemungkiman warga, pembagian masker dan himbauan kepada masyarakat,” paparnya.

Lanjut dia, ketika ada warga yang masuk Desa Pulau Panggung maka petugas kesehatan melakukan pengecekan suhu tubuh dan wawancara.

“Wawancara untuk mengetahui riwayat warga tersebut, atau mengetahui keluhan kesehatan. Jika ditemukan maka akan ditindak lanjuti oleh petugas kesehatan,” ungkapnya.

Ditempat yang sama, Sekdes Pulau Panggung Saiful Amri mengatakan, posko didirikan untuk mengantisipasi masyarakat yang baru datang dari luar desa dan akan masuk ke Desa Pulau Panggung.

“Bagi yang baru datang harus melapor dan memeriksa kesehatannya di Posko,” ujarnya.

Menurut Saiful, penjagaan posko dilaksanakan selama 24 jam, metode penjagaan dilakukan dengan sistem piket.

“Kita harus waspada virus corona, jangan sampai ada penyebaran didalam desa. Lebih baik kita mencegah daripada mengobati,” ungkapnya.

PENULIS : Dedi Ariyanto

BSB Bantu Wastafel di Posko Induk Covid-19 Lubuklinggau

Soal Layanan Penerbangan Linggau-Jakarta, Ini Penjelasan Batik Air