in

Bupati Lounching Layanan E-Warong Kube PKH

MURATARA, Silmed.id – Bupati Musi Rawas Utara (Muratara), H M Syarif Hidayat Lounching layanan Elektronik Warung Gotong Royong dan Kelompom Usaha Bersama Program Keluarga Harapan (E-Warong Kube-PKH), Kamis (31/10/2019).

Lounching e-Warong Kube-PKH tersebut dilakukan pertama kali dan berada di dua titik yakni di Kelurahan Muara Rupit, Kecamatan Rupit yang dikelolah oleh Ketua Kelompok Kube-PKH bernama Kube Mandiri Bersama.

Dan dititik kedua, e-Warong Kube-PKH di Kelurahan Karang Jaya, dimana lounching tersebut, dihadiri oleh Kepala Dinas Sosial H Zainal Arifin Daud, camat dan tamu undangan lainya.

Bupati Muratara, H M Syarif Hidayat mengucapkan selamat atas peluncuran  e-Warong tersebut, dan semoga bermanfaat bagi masyarakat yang menerima program tersebut. Semoga dapat membantu mereka dalam kebutuhan rumah tangga.

“Dengan lounching e-warong ini masyarakat yang menerima bantuan tersebut dapat mengambil bantuannya melalui warung tersebut. Karena bantuan yang diberikan bukan berupa uang dalam penerimaanya. Melainkan berupa barang bahan pokok,” katanya.

Dilanjutkanya, bagi warga yang belum memahami mengenai bantuan tersebut, dapat berkonsultasi kepihak dinas terkait maupun ketua kelompok Kube-PKH.

“Kami harapkan bantuan ini tahun yang akan datang akan bertambah penerima bantuannya nanti,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Dinas sosial Muratara, H Zainal Aripin Daud mengatakan, bahwa bantuan program  e-Warong merupakan bagian dari Kube PKH, pada Pilot Project Bantuan Sosial melalui Kartu Keluarga Sejahtera dengan Layanan Sistem Pembayaran Himpunan Bank Negara.

Nah, melalui program tersebut, bagi masyarakat yang menerima bantuan sebesar Rp.110 ribu perbulan itu, Namun bukan berupa uang tunai melainkan barang. Sehingga adanya kerjasama dengan kelompok Dinsos, Bank BRI dan e-warong, maka penerima bantuan dapat langsung membelanjakan uang bantuan tersebut di e-warong.

“Penerima mendapatkan 8 Kilogram (Kg) beras dan setenga karpet telur. Yang disalurkan oleh pemerintah pusat melalui Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang didistribusikan 1 bulan sekali berupa barang. Dan disalurkan melalui e-Warong,” jelasnya.

Dilanjutkanya, lounching tersebut baru dilaksanakan didua titik. Yakni Kecamatan Karang Jaya dan Kecamatan Rupit yang mana nantinya akan dilaksanakan lounching di 5 kecamatan lainya.

Lounching e-Warong pada akhir acara dilakukan ujicoba proses transaksi kebutuhan pokok, yang dilakukan warga disaksikan para tamu undangan dan penerima bantuan.

PENULIS : Farlin Addian
EDITOR   : Dedi Ariyanto

Oleh-oleh Cari di UWAIS, RUMAH KERIPIK LUBUKLINGGAU

Memprihatinkan, Jembatan Penghubung Antar Desa Bermaterial Pohon Kelapa