Panen raya di Desa Bingin Rupit, Kecamatan Rupit, Kamis (15/8/2019). Hengki Silmed
in

Bupati Inginkan Kades Mencontoh Desa Bingin Rupit

MURATARA, Silmed.id – Pemerintah Desa (Pemdes) Bingin Rupit, Kecamatan Rupit, Musi Rawas Utara (Muratara) melakukan panen raya padi sawah.

Pada kesempatan itu, Kades Bingin Rupit Henki Basyip menyampaikan sambutannya, panen raya padi

“Seluas 70 hektar sawah hari ini yang telah di buka dan telah di tanami padi sebanyak 30 hektar,” katanya, Kamis (15/8/2019).

Sambungnya saya bersama warga terus bertekad mengarab 40 hektar ditahun tahun berikutnya.
Ia menceritakan, sebelum digarap menjadi persawahan, tempat tersebut merupakan lahan tidur selama 25 tahun.

“Alhamdullillah dengan tekad dan dukungan kuat dari masyarakat, lahan tidur tersebut dapat digarap. Dengan bekerja siang dan malam hari, sampai pukul 04.00 WIB menjelang subuh,”ceritanya.

Sambungnya, untuk itu saya dan mewakili masyarakat mengucapkan terima kasih kepada pemerintah yang sudah mensuport, sehingga sebagian warga tidak lagi membeli beras di pasar.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Muratara Ir Suhardiman mengatakan, sebelum digarap menjadi ladang persawahan tempat tersebut masih semak belukar.

“Setelah melakukan komunikasi dengan gapoktan, warga dan Kepala Desa. Kita menemukan kesepakatan untuk membuka lahan tersebut,”katanya.

Ia mengatakan, di Kecamatan Rupit potensi persawahan ada 855 hektar. Namun hingga saat ini yang baru tergarap hanya 217 hektar yang tersebar di 17 Desa dan satu Kelurahan.

“Alhamdulillah dari tahun ketahun angka itu terus meningkat. Kami lihat ada beberapa kades yang semangat dan berdiskusi, kami siap membantu, baik alat pertanian, herbisida atau pendidikan secara tehnis dilapangan,”ujarnya.

Lanjutnya, panen hari ini merupakan panen yang kedua dalam satu tahun. Kalau isitila pertanian IP 200 alias tanam selo.

Bupati Muratara H M Syarif Hidayat, menghimbau kepada seluruh kades di Muratara agar mencontohkan kades Bingin Rupit, yang mampu memanfaatkan lahan tidur menjadi lahan aktif.

“Sesuai dengan visi misi kami, dalam lima tahun. Bahwa janji kami nomor 7, pemanfaatan lahan tidur. Hari ini sebanyak 70 hektar sudah digarap, bertahap terus dilakukan,”kata Syarif.

Lanjutnya, setiap tahun, pemda memacu warga agar membuka lahan tidur. Kami akan membantu, segala keperluan, seperti alat tani, pembibitan dan sebagainya.

PENULIS : Hengki Pransis
EDITOR : Aulia Azan Siddiq

Banyak Desa Tak Memiliki Tapal Batas

Listrik Padam, Sinyal Jaringan Seluler Hilang