in

Bupati Bacakan Amanat Kemensos dan Ziarah ke Makam Pahlawan

MURATARA, Silmed.id – Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2019, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Rawas Utara (Muratara), mengelar upacara mengheningkan cipta selama 60 detik di Lapangan Kecamatan Rawas Ulu.

Upacara peringatan hari pahlawan ini dipimpim langsung oleh Bupati Muratara, HM Syarif Hidayat sebagai inspektur upacara dan diikuti seluruh jajaran Satuan Perangkat Daerah (SKPD), Veteran, pekerja sosial masyarakat dan tak kalah penting lagi jajaran pelajar tingkat SD hingga SMA.

Pada saat upacara bupati menyampaikan pidato amanat dari Kementrian Sosial (Kemensos) bahwa setiap Hari Pahlawan, diingatkan kembali kepada peristiwa pertempuran 10 November 1945 di Surbaya, sebagai salah satu momen paling bersejarah dalam merebut kemerdekaan Indonesia.

Pada pertempuran tersebut rakyat bersatu padu, berjuang, pantang menyerah melawan penjajah yang ingin menancapkan kembali kekuasaannya di Indonesia.

Peristiwa perang mengingatkan kita bahwa kemerdekaan yang kita rasakan saat ini tidaklah datang begitu saja, namun memerlukan perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari para pendahulu negeri.

Dengan Peringatan Hari Pahlwan diharapkan kita akan lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan, sebagaimana ungkapan salah seorang The Founding Fathers kita Bung Karno yang menyatakan bahwa “Hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya dapat menajadi bangsa yang besar”.

Selain itu peringatan Hari Pahlawan kita bangkitkan semangat berinovasi bagi anak – anak bangsa untuk menjadi pahlawan masa kini, sebagaimana tema peringatan hari pahlawan masa kini

Menjadi pahlawan masa kini dapat diakukan oleh siapapun warga negara Indonesia, dalam bentuk aksi – aksi nyata memperkuat keutuhan NKRI, seperti tolong menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang dapat menggangu ketertiban umum, tidak menyebarkan berita hoax, tidak melakukan perbuatan anarkis atau merugukan orang lain dan sebagainnya.

“Peringatan Hari Pahlawan kiranya dapat meningkatkan kesadaran kita untuk lebih mencintai tanah air dan menjaganya sampai akhir hayat,” ungkap Syarif.

Mari bersama maknai hari pahlawan hari pahlawan ini dengan wujud nyata, bekerja dan bekerja membangun negeri menuju Indonesia maju khususnya Kabupaten Muratara.

Hari pahlawan kiranya bukan hanya bersifat seremonial semata tetapi dapat diisi dengan berbagai akifitas yang dapat menyuburkan rasa nasionalisme dan meningkatkan rasa kepedulian untuk menolong sesama yang membutuhkan.

Usai melaksanakan upacara bupati bersama jajaran SKPD melakukam ziarah ke makam pahlawan yang tidak jauh dari tempat upacara dan kunjungan ke Desa Rantau Kadam, Kecamatan Karang Dapo dan Mandi Angin, Kecamatan Rawas Ilir.

PENULIS : Farlin Addian
EDITOR   : Dedi Ariyanto

Nabrak Tenda Hajatan, Penjambret Berhasil Ditangkap

Partisipasi Pemilih BPD Capai 100 Persen