in

BPSK Sidak Toko Daging, Diduga Langgar Ketentuan Berlaku

LUBUKLINGGAU, Silmed.id – Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen atau BPSK, Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagrin) dan Badan Urusan Logistik (Bulog) Lubuklinggau, melakukan sidak di sebuah toko daging Indonesia Jalan Sudirman Pasar Satelit Kecamatan Lubuklinggau Utara II, karena diduga menjual daging beku tidak sesuai pasaran.

“Sidak ini menindaklanjuti laporan konsumen bernama Lian setelah membeli daging kerbau beku di tempat tersebut. Konsumen itu membeli 1 Kg daging dengan harga Rp. 90 ribu per kilogram, setelah diperiksa tidak sesuai dengan ketentuan karena dibuat seolah daging segar,” kata Ketua BPSK Kota Lubuklinggau Nurussulhi Nawawi pada wartawan, Kamis (5/12/2019).

Kemudian laporan konsumen itu juga dilaporkan ke Disdagrin dan Bulog, lalu secara bersama -sama melakukan inspeksi mendadak (sidak), Rabu (4/12) kemarin.

“Dari hasil sidak di lapangan sekitar pukul 15.00 WIB, pemilik toko dan karyawan semuanya berasal dari Jambi, pemilik juga tidak berada di tempat karena berada di Jambi,” tambahnya.

Nurussulhi menjelaskan, diduga ada pelanggaran yang dilakukan pelaku usaha merujuk Undang-Undang Perlindungan Konsumen Nomor 8 Tahun 1999.

Sebab berkaitan jaminan mutu, jalur legal distribusi barang dan standar harga yang dilanggar.

“Kemudian sebanyak 3 Kg daging kerbau beku disita Disdagrin dan akan diuji formalin dan kandungan babi di Balai POM hasilnya akan diketahui pada Selasa, 10 Desember 2019,” paparnya.

Sebagai hak jawab, BPSK juga menjadwalkan pra sidang dengan mengundang konsumen pelaku usaha untuk memberikan klarifikasi dan hak jawab terkait dengan rantai distribusi dan pasokan daging yang diperjualbelikan murah dibawah standar pasar dan Bulog.

“Harga daging sapi dan kerbau segar Rp. 90 ribu dan daging beku Rp. 80 ribu Sementara, harga di pasaran yang daging segar Rp. 110 ribu,” tambah Nurussulhi.

Sementara Kadis Disdagrin Kota Lubuklinggau Surya Darma pun meminta kepada pelaku usaha untuk menghentikan kegiatan jual beli.

“Jangan dulu berjualan sebelum daging segar dan beku tersebut sampai memenuhi semua syarat perdagangan sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” tutupnya.

PENULIS : Jofan Saputra
EDITOR   : Dedi Ariyanto

Curi Enam Sak Semen, Dua Cleaning Service Dibekuk

27 Pecandu Narkoba Direhab