Kepala BPBD Musi Rawas Faisol, saat membagikan masker kepada penguna jalan. Foto Facebook BPBD
in

BPBD dan PMI Bagikan 800 Masker

MUSIRAWAS, Silmed.id – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Palang Merah Indonesia (PMI) ke 74, Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) dan PMI melakukan simulasi pemadaman Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), serta membagikan 800 lembar masker kepada masyarakat.

“Hari ini, kami bersama PMI Musi Rawas membagikan 800 masker kepada masyarakat, hal itu untuk meminimalisirkan dampak dari kabut asap, selain itu kami melakukan simulasi serta mengajarkan cara pemadaman Karhutla kepada pelajar SMA,” jelas kepada BPBD Musi Rawas Faisol kepada Silampari Media, Selasa (17/09/2019).

Menurut dia, dalam pembagian masker, dilakukan ditiga kecamatan yakni Purwodadi, Tugumulyo dan Megang Sakti. Pembagian masker dilaksanakan dalam rangka meminimalisir dampak asap dan memperingati HUT PMI ke 74.

“Dalam simulasi dan pembagian masker, kita melibat Palang Merah Remaja (PMR) dan pelajar SMA. Harapannya akan tumbuh jiwa sosial yang tinggi dan dapat mencegah Karhutla oleh pelajar,”papar dia.

Lanjut dia, dalam simulasi pemadaman Karhutla, pihaknya mengerahkan seluruh peralatan Damkar seperti mobil tengki, selain itu pihaknya mendatangkan Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Musi Rawas.” Saya berharap anak-anak kita dapat ikut serta dalam mencegah Karhutla,” ujarnya.

Perlu dipahami semua pihak sambung Faisol, PMI hadir dan berperan penting dibidang sosial kemanusiaan. Tugas pokok PMI adalah membantu pemerintah Indonesia dibidang sosial kemanusiaan terutama tugas-tugas kepalang merahan yang meliputi kesiapsiagaan bantuan dan penanggulangan bencana, pelatihan pertolongan pertama untuk sukarelawan, pelayanan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

“Selain melakukan kegiatan pertolongan saat bencana, PMI juga selalu melakukan aktivitas positif bersama masyarakat, sering kita kenal sebagai kegiatan donor darah yang sangat bermanfaat bagi saudara-saudara kita yang membutuhkan. Selamat Hari Ulang Tahun PMI ke-74. Semoga selalu menjadi setetes darah sebagai penolong ribuan nyawa dalam membangun ketangguhan masyarakat Indonesia menghadapi bencana,”pungkasnya.

PENULIS : Dedi Ariyanto

AKBP Dwi Hartono : Waspadai Bahaya Kebakaran

Hindari Karhutla, Warga Jaga Kebun 24 Jam