in

Boleh Menghukum Anak, Tapi Tidak Dengan Kekerasan

Wawako : Paham Batasan Hak Anak

LUBUKLINGGAU, Silmed.id – Wakil Wali Kota Lubuklinggau, Sulaiman Kohar meminta agar anak-anak serius dalam berorganisasi dan terus belajar dengan berbagai kegiatan yang positif bermanfaat.

“Peserta pelatihan sebanyak 40 anak perwakilan dari Forum Anak se-Kota Lubuklinggau dan 16 orang perwakilan dari delapan kecamatan,” katanya.

Hal ini ia sampaikan dalam membuka kegiatan pelatihan Konvensi Hak Anak (KHA)serta Pelopor Bagi Forum Anak se-Kota Lubuklinggau, di Op Room Moneng Sepati, Rabu (30/10/2019).

Menurutnya dia, perlu diperhatikan, jangan sampai terjadi penurunan kepedulian masyarakat terhadap perlindungan anak. Maka dari itu, sudah seharusnya masyarakat khususnya anak juga mengetahui batasan-batasan kekerasan dan apa hak serta kewajibannya, berdasarkan Undang-undang RI Nomor 23 tahun 2002.

Sementara itu, Kepala DP3APM Provinsi Sumatera Selatan, Hj Susna Sudarti menjelaskan, yang namanya anak itu dari sejak lahir sampai dengan sebelum berusia 18 tahun.

“Selama masih dalam usia anak, diperbolehkan untuk bergaul sebanyak-banyaknya, tetapi jangan yang aneh-aneh. Jangan sampai yang merugikan diri kalian sendiri. Cari teman sebanyak-banyaknya dan berbuatlah hal positif. Itulah yang menjadi latar belakang terbentuknya forum anak ini. Yakni bisa berpartisipasi memperjuangkan hak-hak anak sebagai pelopor juga pelapor,” terangnya.

Selain itu, saat ini terjadi banyak sekali permasalahan anak yang salah satunya disebabkan berbagai hal seperti kesalahan dalam mengkonsumsi internet.

“Yang jelas dalam menyikapi masalah ini, sebagai orang tua termasuk juga guru tidak boleh melakukan kekerasan, boleh menghukum tetapi tidak dengan cara kekerasan,” tutupnya.

PENULIS : Jofan Saputra
EDITOR   : Dedi Ariyanto

Apes, Pria Ini Dituduh Mencuri Kayu dan Dipukuli Hingga Patah Kaki

Syarat Calon Bupati Independen Minimal 14.868 Dukungan