Kakanwil DJP Sumsel, Imam Arifin berikan penghargaan kepada bendahara OPD dan desa terbaik. Foto : Farlin Silmed
in

Bendahara OPD dan Desa Dapat Penghargaan dari Kanwil DJP Sumsel

MURATARA, Silmed.id – Kantor wilayah Direktorat Jendral Pajak (DJP) Sumatera Selatan dan Kepala Bank Sumsel Babel memberikan penghargaan kepada Bendahara Organisasi Perangkat Daerah (OPD) kategori tercepat dan terbesar pajaknya.

Selain itu penghargaan juga diberikan kepada bendahara desa terbaik dengan kategori pajak terbesar, kepatuhan dan teraktif di Kabupaten Muratara.

Asisten I Tata Pemerintahan Pemkab Muratara, Siswanto Tutut mengaku sangat apresiasi kepada bendahara yang mendapat penghargaan dari Kanwil DJP Sumsel dan Bank Sumsel Babel, memang dalam melaksanakan pembangunan, tentunya pemkab memerlukan biaya yang besar.

Untuk itu, salah satu upayanya optimlisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan menyetor kepada dearah dalam mendukung pembangunan daerah, karena secara nasional pendapatan penyumbang terbesar adalah sektor perpajakan.

Apalagi, yang sedang berlangsung di Kabupaten Muratara saat ini yakni proses perpajakan, jadi secara kelembangaan mulai 2020 Pemkab telah dilengkapai dengan Badan Pendapatan Daerah, termasuk di dalamnya ada Pendapatan Nasional.

Menurutnya, untuk memperkuat sistem perpajakan pemkab telah menyurati perusahaan perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Muratara supaya melakukan penataan ulang atau perbaikan NWP atau NPWP agar beralamat Muratara.

“Karena sebagian perusahaan di Muratara masih memiliki alamat NPWP Perusahan di kabupaten induk, sehingga untuk pajak tidak disetor ke kas daerah,” tuturnya.

Tidak hanya penataan NPWP, pemkab juga melakukan peningkatan keahlian SDM secara tehnis, bekerja sama dengan Bank Sumsel Babel mensosialisasikan pemasangan lebel boxs pajak pada tiap reklame serta rumah rumah makan.

Ia berharap dengan ada pemberian penghargaan, sebagai ajang meningkatkan atau memberi inspirasi kepada yang lain, untuk dapat melaksanakan pajak, taat kepada pajak.

“Jangan cepat berpuas diri, jadikan penghargaan ini untuk terus meningkatkan kinerja dan memberikan dampak positif bagi rekan-rekan yang lain,” pesannya.

Sementara, Kepala Kanwil DJP Sumsel, Imam Arifin mengatakan selamat kepasa bendahara bendahara yang terpilih mendapatkan penghargaan karena itu merupakan hasil kinerja kalian.

Di Sumsel ini tidak semua daerah ada DJP, bahkan Kabupaten Muratara masih bergantung dengan kantor DJP di Tugumulyo, Kabupaten Musi Rawas.

“Kami disini bukan cuma memberikan penghargaan tapi pada kesempatan ini pula menyampaikan beberapa hal yang berkenaan dengan pajak supaya diketahui masyarakat dengan harapan keuangan semakin membaik,” ungkapnya.

Sebenarnya ada empat instansi perpajakan di Indonesia yakni Pajak, Pembendaharaan, Kekayaan Negara dan Bea Cukai.

“Semuanya harus berjalan untuk sumbangsi kepada negara dalam membantu pembangunan dan kepentingan sosial,” ujarnya.

PENULIS : Farlin Addian
EDITOR : Aulia Azan Siddiq

Buat Hari Bahagiamu Lebih Berwarna Bersama Bunda Dee’s Wedding Galery

33.125 Ton Bibit Padi Sawah Disalurkan ke Gapoktan