in

Belajar Pilkades E-voting, DPRD Batang Hari Studi Banding ke DPMD

MUSIRAWAS,Silmed.id – Belajar melaksanakan pemilihan kepala desa (Pilkades), mengunakan metode E-voting, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Batang Hari Provinsi Jambi melaksanakan studi banding ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Musi Rawas (Mura).

Kepala DPMD Kabupaten Mura, Ahmadi Zulkarnai didampingi Kepala Bidang (Kabid) Pemerintah Desa (Pemdes), Rian Pratama mengatakan, pihaknya menerima kunjungan anggota DPRD Batang Hari yang melaksanakan studi banding tentang mekanisme pelaksanaan Pilkades dan penyelesaian pelanggaran dalam pemungutan dan perhitungan suara.

“Untuk studi banding dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Batang Hari dan didampingi Ketua Komisi I dan II serta anggotanya,”jelas Ahmadi kepada wartawan, Selasa (21/1).

Lebih lanjut, alasan mereka study banding karena sama-sama menerapkan Pilkades e-Voting. Namun, kendati mereka lebih banyak membicarakan penyelesaian pelanggaran dalam pemungutan dan perhitungan suara.

“Disamping itu mereka juga mempertanyakan pemetaan wilayah konflik zona. Sebab, selama ini mereka belum melakukan pemetaan seperti yang kami lakukan baik zona merah, hijau dan kuning,”terangnya.

Hanya saja, pihaknya juga mendapatkan pembelajaran juga terkait penambahan penganggaran pokja di kecamatan yang selama ini belum ada. Sebab, selama ini anggaran Pilkades dibebankan ke Desa dan DPMD.

“Kemungkinan kedepan akan dianggarkan di pokja Kecamatan. Sehingga, dengan pengawasan Pilkades oleh pokja kecamatan dapat maksimal,”paparnya.

Terlepas dari itu, studi banding dari daerah lain ke Mura bukan untuk yang pertama kalinya. Melainkan sebelumnya sudah ada beberapa daerah yang melakukan hal yang sama seperti Kabupaten Merangin Jambi.

“Adanya studi banding ini maka memacu semangat kita dan bukan hal yang membuat berbangga hati. Melainkan terus meningkatkan prestasi kedepan,”pungkasnya.

PENULIS : Dedi Ariyanto

Syaikoni : Buktikan Jika Ada Napi Kendalikan Peredaran Narkoba

Aneka Kado dan Aksesoris Ultah Terlengkap, Hanya di Rumah Kado Lollipop