TERIMA - Fatmawati (56) Salah seorang warga Kelurahan Batu Urip Taba yang sudah menerima Kartu JKN-KIS. Foto : Jofan Silmed
in

Begini Penjelasan Lengkap Untuk Mendapatkan JKN-KIS Gratis

LUBUKLINGGAU, Silmed.id – Meskipun beberapa waktu lalu Pemerintah Lubuklinggau sudah membagikan kartu JKN-KIS gratis kepada warga, namun hingga saat ini masih banyak masyarakat yang belum memiliki.

Alasan warga belum memiliki kartu pun bermacam-macam, ada yang dikarenakan tidak mempunyai Nomor Induk Kependudukan (NIK), sehingga BPJS mendaftarkan nama-nama warga yang memiliki NIK saja.

Selain itu, ada juga permasalahan warga yang masih bingung dalam proses pengurusan berkas untuk memiliki kartu tersebut.

Seorang warga yang sempat ditemui, ia menceritakan bahwa dirinya bingung mau mendaftarkan kemana untuk memiliki kartu tersebut.

“Saya kemarin pergi ke Ketua RT, dari sana saya disuruh ke Kantor Lurah. Namun sampai di Kantor Lurah, kata pegawainya saya disuruh mendaftarkan diri ke Kantor Dinas Kesehatan. Ada info lagi yang saya dapatkan, untuk mengantar berkas langsung ke Kantor BPJS. Tapi sampai sana saya disuruh ikut umum dan bayar. Lah ini gimana yang benar,” ceritanya dengan keadaan bingung.

Menanggapi permasalahan tersebut, Silampari Media langsung menemui Kepala Dinkes Lubuklinggau, Cikwi Faris, melalui Kabid Pelayanan dan Sumber Daya Kesehatan, Hj. Darlela didampingi Kasi SDK Pembiayaan dan Perizinan, Emi untuk mengklarifikasi permasalahan tersebut.

Pihaknya menjelaskan, bahwa berdasarkan hasil meeting antara Wali Kota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe, Sekda Lubuklinggau, Rahman Sani dan Kepala Dinkes, Cikwi Faris, bahwa dalam proses pengumpulan data bagi warga yang belum memiliki langsung berurusan dengan pemerintahan Rt dan kelurahan.

“Jadi gini, beberapa waktu lalukan sebenarnya pihak BPJS sudah mendistribusikan kartu. Sedangkan yang lebih mengetahui apakah ada warga yang belum dapat, menolak menerima kartu tersebut karena fasilitas kelas 3 sedangkan dia orang yang mampu atau mungkin juga ada warga yang kartunya terbit sedangkan orangnya sudah meninggal, Rt dan Kelurahan lebih mengetahui. Karena merekalah ujung tombak dalam membagikan kartu-kartu tersebut kepada masyarakat,” jelasnya, Rabu (16/10).

Sedangkan pihaknya menginginkan, seluruh data warga yang ingin mendaftar itu dari satu pintu, yaitu dari kelurahan.

“Maksudnya supaya jangan ada data yang ganda. Data dari warga ada dari kelurahan juga ada, malah bingung dan pihak kami jadi salah,” ungkapnya.

Walaupun seperti itu, pihaknya tetap menerima jika ada warga yang langsung datang ke Dinkes.

“Tapi kami hanya sebatas memberikan pelayanan informasi. Bahwa jika ingin mendaftar silahkan langsung ke kantor lurah,” terangnya.

Untuk diketahui, bahwa saat ini sudah ada 36.000 lebih kartu JKN-KIS yang telah didistribusikan kepada masyarakat Lubuklinggau. Sedangkan Dinkes saat ini sedang menunggu data dari setiap kelurahan bagi warga yang ingin memiliki kartu tersebut.

PENULIS : Jofan Saputra
EDITOR : Aulia Azan Siddiq

Kelurahan Rahma Siap Ikuti Lomba LBS Tingkat Provinsi

Sekda Ingatkan OPD, Realisasi Pajak Retribusi Daerah Masih Rendah