in

Bawaslu Umumkan Rekrutmen Panwaslucam

MURATARA, Silmed.id – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) akan umumkan rekrutmet calon Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam).

Ketua Bawaslu Muratara, Munawir mengatakan perekrutan calon Panwascam untuk tujuh kecamatan berbeda dengan Pilkada 2015 lalu dengan cara tertulis.

Untuk Pilkada kali perekrutan calon Panwascam menggunakan sistem CAT secara online yang langsung terhubung ke Bawaslu RI.

“Bahkan operatornya juga didatangkan dari pusat, kita hanya memfasilitasi tempatnya saja,” katanya, Kamis (14/11/2019).

Menurutnya, kebijakan yang dikeluarkan dari Bawaslu RI ini untuk mencari calon Panwascam yang benar benar paham dan mengerti dalam bidang pengawasan pemilu dan tidak sembarang rekrut.

“Kemungkinan juga untuk menghindari adanya kecurangan dalam perekrutan, karena selama ini ada asumsi titip menitip dan orang dalam,” ujarnya.

Sementara Ketua Pokja Perekrutan Panwascam sekaligus Komisioner Bawaslu Kabupaten Muratara Divisi Organisasi dan SDM, Paulin mengatakan pendaftaran Panwascam akan dimulai pada tanggal 27 November 2019 dan akan ditutup pada tanggal 3 Desember 2019.

“Hari ini (13/11) sampai dengan tanggal 26 november 2019 adalah pengumumam pendaftaran perekrutan Panwascam untuk pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Muratara pada tahun 2020 mendatang,” katanya.

Ia menjelaskan, adapun syarat syarat untuk mengikuti seleksi Panwascam yaitu usia minimal 25 tahun, foto copy KTP, pas foto 4×6 5 lembar dengan layar merah, foto copy ijazah terakhir yang sudah dilegalisir, daftar riwayat hidup, surat keterangan sehat dari rumah sakit atau dari Puskesmas.

Selanjutnya, surat keterangan bebas narkoba dari rumah sakit, kemudian menandatangani surat pernyataan tidak pernah dipidana penjara 5 tahun atau lebih dari pengadilan, surat izin dari atasan bagi yang PNS, menanda tangani surat pernyataan bermaterai 6000.

“Bagi yang lulus tes Panwascam nanti, sebelum mereka dilantik mereka harus melengkapi surat keterangan bebas narkoba dari Badan Narkotika Kabupaten (BNK), kemidian melengkapi surat keterangan tidak pernah dipidana penjara 5 tahun atau lebih dari pengadilan, bagi yang PNS harus melampirkan surat izin dari atasannya, bagi pengurus organisasi mereka harus melampirkan surat pengunduran diri dari kepengurusan organisasi tersebut,” jelasnya.

Sedangkan tahapan-tahapan rekrutmennya lanjut Paulina, yaitu pada tanggal 27 november hingga tanggal 3 Desember 2019 pendaftran dan penerimaan berkas.

Kemudian tanggal 5 Desember 2019 pengumuman perpanjangan pendaftaran. Tanggal 6-10 Desember 2019, pengumuman hasil kelulusan berkas.

Selanjutnya, tanggal 12-15 Desember 2019, tanggapan dan masukan dari masyarakat. Tanggal 13-17 Desember 2019, tes tulis dan wawancara. Tanggal 18 Desember 2019, pengumuman hasil wawancara, Dan tanggal 20-21 Desember 2019 pelantikan Panwascam terpilih.

“Tesnya nanti kita pake sistem CAT dalam bentuk Socrativ dan kita ambil 6 orang nilai teratas. Nah dari ke 6 orang inilah yang akan mengikuti tahapan seleksi selanjutnya,” terangnya.

PENULIS : Farlin Addian
EDITOR : Aulia Azan Siddiq

Banyak Tunggakan, Blud Spam Sulit Capai Target

2020 UMK Musi Rawas Rp3.195.273