VALIDASI. Tim Kemenag Lubuklinggau saat melakukan validasi arah kiblat di Masjid Ar-Rahman, Kelurahan Tanjung Raya, Kecamatan Lubuklinggau Utara I, Kamis (19/7/2019). Foto: Bayu_Silmed
in

Baru Lima Masjid Dilakukan Validasi Arah Kiblat

LUBUKLINGGAU, Silmed.id – Tim Kementrian Agama Kota Lubuklinggau melakukan validasi arah kiblat di masjid Ar-Rahman, Kelurahan Tanjung Raya, Kecamatan Lubuklinggau Utara I, Kamis (19/7/2019).

Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kota Lubuklinggau, Azhari Rahardi melalui Zulkifli, Kepala Bidang Pembinaan Agama Islam Kemenag Kota Lubuklinggau mengatakan, mengatakan jika validasi arah kiblat tersebut guna memastikan arah kiblat dan menghindari kemungkinan ketidakakuratan arah kiblat di mesjid maupun mushalla.

Lebih lanjut Zulkifli menyampaikan, timnya sudah melakukan validasi lima masjid di kawasan Lubuklinggau dari 10 masjid targetnya di Tahun 2019. Salah satunya adalah Masjid Ar-Rahman Kelurahan Tanjung Raya. Hasil dari validasi tersebut tidak ada terdapat kekeliruan karena hasil dari validasi hanya 0,01 derajat.

“Jika hanya 0.01 derajat tidak mempengaruhi arah kiblat, kecuali jika 1 derajat maka demikian sudah bergeser beberapa kilometer arah kiblat,” ujarnya.

Iapun menuturkan, Kemenag baru saja membentuk kerjasama dengan pemerintah daerah beberapa bulan yang lalu. Menurutnya validasi arah kiblat tersebut merupakan salah satu langkah, tugas dan tanggung jawab pemerintah guna memberikan kenyamanan umat islam dalam beribadah.

“Melalui kegiatan ini diharapkan dapat memaksimalkan perannya dalam verifikasi dan validitas arah kiblat seluruh mesjid dan musola yang ada di Kota Lubuklinggau,” katanya.

Tim Kemenag akan terus melakukan validasi mesjid dan mushalla sesuai dengan program dan anggaran yang diberikan oleh pemerintah yakni melakukan validasi di 10 masjid yang ada dengan mempertimbangkan penyebaran per kecamatan. Dalam kegiatan tersebut Zulkifli didampingi Ernawana selaku staff dengan tugas khusus Bidang Penyelenggaraan Syari’ah.

PENULIS : Bayu Pratama Sembiring
EDITOR: Dodi Chandra

Rapat Pleno Penetapan, KPU Ucapkan Terimakasih Kepada Wartawan

Penghuni Panti Jompo Jarang Mandi dan Susah BAB