in

Bantuan Bibit Untuk Poktan Dijual

MUSIRAWAS,Silmed.id – Bantuan bibit karet dari pemerintah Kabupaten Musi Rawas, kepada kelompok tani di Kecamatan Muara lakitan disalah gunakan, pasalnya bantuan tersebut diduga dijual oleh oknum pengurus kelompok tani (Poktan).

Bantuan untuk poktan berupa bibit karet, teng seprot, pupuk dan pertisida.

“Bantuan tersebut salah sasaran, disini sudah tidak ada lahan untuk menanam karet, akhirnya bantuan tersebut dijual,” kata FD (28) warga Kecamatam Muara Lakitan.

Bantuan dari pemerintah kepada kelompok tani yang disalurkan beberapa bulan lalu, tidak dimanfaatkan sebagai mana mestinya dan bahkan dijual oleh oknum kelompok tani.

“Kalau pupuknya sempat saya beli, namun kalau bibit karetnya tidak saya bayar karena saya tahu jika bibit bantuan dari pemerintah, kalau dikasi saya mau makanya saya ambil,” ungkapnya.

Lanjut dia, kalau bantuan peralatan pertanian seperti tengki semprot dan bantuan pestisida informasinya, masih disimpan dirumah salah seorang anggota kelompok tani.

“Bantuan yang diberikan pemerintah itu sia – sia karena tidak tepat sasaran dan tidak dimanfaatkan sebagaimana yang di harapkan, saya juga menduga permainan seperti ini ada keterlibatan pihak pertanian,” ungkap dia.

Kepala Dinas Perkebunan (Disbun) Musi Rawas Subardi mengatakan, memang pihaknya sudah menyalurkan bantuan kepada poktan. Jika dijual oleh Poktan, maka bukan perintah dari Disbun.

“Saya tidak pernah memberikan perintah, jika bantuan dijual,”pungkasnya.

PENULIS : Dedi Ariyanto

Promo Akhir Tahun, Bunga 0 Persen dan Free Satu Kali Cicilan Dari Home Kredit Indonesia

752 Pelamar CPNS di Musi Rawas Tidak Lulus Seleksi Adminitrasi