RAPAT. Susana rapat koordinasi Kelurahan Sumber Agung di Kantor Lurah Sumber Agung yang dipimpin langsung oleh lurah dan dihadiri oleh para ketua RT, Ketua LPM, serta Ketua Karang Taruna Kelurahan, Selasa (06/08/2019). FOTO: Bayu_Silmed
in

Bahas Dana Kelurahan, Sumber Agung Adakan Rapat Koordinasi 

LUBUKLINGGAU, Silmed.id – Tiap-tiap Kelurahan sudah memulai kegiatan masing-masing terkait penyerapan dana Kelurahan termin pertama, salah satunya di Kelurahan Sumber Agung, Kecamatan Lubuklinggau Utara I.

Selasa (6/8/2019) Kelurahan Sumber Agung menggelar rapat koordinasi terkait realisasi penyerapan anggaran Dana Kelurahan Tahun 2019. Rapat dihadiri langsung oleh Lurah Sumber Agung, Garjito, S.E, Ketua LPM, Ketua RT se-Kelurahan Sumber Agung, serta Ketua Karang Taruna Kelurahan. Dalam rapat tersebut juga membahas terkait program kelurahan untuk selanjutnya.

Garjito menjelaskan jika untuk mencairkan termin kedua, dana termin pertama harus selesai 100 persen penyerapannya.

“Alhamdulillah saat ini sudah cair dan ini masih yang termin pertama, termin pertama ini baru untuk meliputi bidang pemberdayaan, untuk fisik akan kita fokuskan pada termin kedua. Dan untuk mencapai ke termin kedua, SPJ termin pertama harus sudah selesai, dan ini sudah mulai kita cicil penyelesaiannya,” ungkap Garjito.

Garjito juga mengungkapkan bahwa pihaknya telah merealisasikan beberapa bentuk barang seperti 16 Kotak Sampah, 16 jas hujan, 16 buah senter, delapan papan jadwal poskamling, 20 meja untuk Taman Pengajian Al-Qur’an (TPA), satu buah ayunan untuk PAUD, satu buah perosotan, satu buah jungkat jungkit, dua set Alat Peraga Edukasi (APE), satu buah rak buku, dua meja panjang, tiga kursi stainless.

“Sementara untuk Posyandu ada satu buah dipan, satu buah kasur, satu buah papan merek, 30 buah kursi plastik, dan untuk inventaris kelurahan mesin rumput merk steel, serta beberapa komponen yang masih dalam tahap pengadaan,” tambah Garjito.

Rapat juga memutuskan jika pembangunan fisik disepakati akan do kelola secara swakelola oleh masyarakat.

“Lebih baik swakelola daripada pihak ke tiga, karena dampaknya akan langsung kepada masyarakat,” ujar Soleh Deli, Ketua RT.05 Sumber Agung saat memberikan pendapatnya, dan pendapat itu telah disetujui oleh seluruh undangan yang akan disampaikan oleh pihak kecamatan.

Dalam rapat tersebut juga di bahas mengenai peringatan HUT Kemerdekaan Ke-74 Republik Indonesia, dan pengelolaan motor sampah melalui karang taruna.

PENULIS: Bayu Pratama Sembiring
EDITOR: Dodi Chandra

Wawako Sampaikan Nota Keuangan dan RAPBD-P 2019, Fraksi PKB Bahas Cikencreng

1.049 Orang Tes Urin, Empat Positif