in

Aset Desa Dikuasai Oknum Mantan Kades

MUSIRAWAS,Silmed.id – Kendati setiap tahun dilaporkan secara tertulis, aset milik desa masih banyak dikuasai oleh oknum mantan kades juga hilang.

“Setiap tahun masalah aset desa selalu dilaporkan, hingga saat ini belum ada temuan desa yang bermasalah dengan aset,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Musi Rawas Ahmadi Zulkarnain, melalui Kabid Fasilitasi Keuangan Desa Andreanto, kepada Silampari Media, Selasa (07/01/2020).

Perlu dipahami semua pihak, bahwa penangung jawab aset desa yakni kepala desa. Baik itu aset dari sumber anggaran dari APBD maupun dari APBN.

“Jika aset tersebut, pengadaannya dari APBN tapi sudah diserahkan ke desa maka menjadi aset desa. Jadi tanggung jawab masalah aset tersebut yakni kepala desa,” paparnya.

Jika aset tersebut hilang, maka kepala desa harus melaporkan ke instansi terkait, dan berkewajiban mengantikan aset tersebut.

“Setiap pergantian kepala desa, ada berita acara terkait aset saat serah terima jabatan. Seluruh aset desa terdata dalam berita acara,” ungkapnya.

Data yang berhasil dilapangan, banyak aset desa seperti tanah dan mobil desa masih dikuasai oleh oknum kepala desa, bahkan diinformasikan ada aset desa sudah dijual.

PENULIS : Dedi Ariyanto

Mau Makan Porsi Besar dan Harga Terjangkau, Hanya di Ayam Geprek A3 Kenanga 2

Kembali, Sat Narkoba Ringkus Dua Pengedar Sabu