Tim asesor Perpusnas RI saat melakukan visitasi di SMPN 5 Lubuklinggau, Kamis (22/8/2019). Foto : Rio Silmed
in ,

Akreditasi Perpustakaan SMPN 5 Lubuklinggau, Tim Asesor Perpusnas RI Lakukan Visitasi

LUBUKLINGGAU, Silmed.id – Tim asesor Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI) melakukan visitasi ke perpustakaan SMPN 5 Lubuklinggau. Asesor yang dating menilai Sudarto didampingi Agus Sugianto, Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Lubuklinggau, Kamis (22/8/2019).

Sudarto mengatakan, perpustakaan diselenggarakan dengan Peraturan Pemerintah nomor n24 sesuai standar yang ditentukan oleh Perpusnas RI. Untuk mengetahui perpustakaan sesuai standar nasional, maka ada penilaian kesesuaian dengan standar. Penyesuaian itulah yang namanya proses akreditasi, kalau sesuai di akreditasi.

“Itu sebenarnya hanya memotret apa yang sudah ada, hasil sementara bias disampaikan dan penetapan menunggu hasil sidang di Jakarta, terakreditasi C sudah memenuhi standar minimum, apabila terakreditasi A berlaku lima tahun, B empat tahun dan C tiga tahun,” terangnya.

Untuk diketahui, Tim Asesor Perpusnas RI melakukan penilaian terhadap 30 sekolah dasar dan 30 SMP.

Kepala Sekolah SMPN5 Anita didampingi ketua perpustakaan, Lise Arianti mengucapkan terimakasih kepada tim yang sudah membantu untuk mempersiapkan akreditasi dan memenuhi perpustakaan standar Nasional.

“Tim asesor membantu persiapan akreditasi selama lebih kurang satu bulan,” kata Anita kepada Silampari Media, Jum’at (23/8/2019).

Visitasi ke perpustakaan SMPN 5 Lubuklinggau berlangsung beberapa tahapan, seperti kunjungan sarana dan verifikasi data. Verifikasi data terdiri dari enam komponen yaitu Koleksiu, Sarana Prasarana, Pelayanan, Tenaga Perpustakaan, Penyelenggara dan Pengelolaan, serta Komponen Penguatan Kinerja.

“Alhamdulillah, penilaian dari tim asesor, perpustakaan kami sudah memenuhi semua komponen yang disyaratkan” ucapnya.

Dilanjutkan Anita, tujuan akreditasi memberikan penilaian objektif, transparan dan berkelanjutan terhadap pelayanan suatu program dan satuan pendidikan berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan.

“Dengan ketersediaan yang dimiliki, kami berkeyakinan bahwa SMPN 5 Lubuklinggau mendapatkan nilai akreditasi paling baik,” tutupnya.

PENULIS : Rio Rivaldo
EDITOR : Aulia Azan Siddiq

Pemkot Lubuklinggau Terima Hibah BMN Total Senilai Rp 8,927 Miliar

Dwi Hartono : Saya Perintahkan Usut Tuntas