Petugas PBK DPKPB Kota Lubuklinggau berjibaku memadamkan api di Lahan Milik salah seorang warga, di Jl. Harapan, RT.07, Kelurahan Cereme Taba, Kecamatan Lubuklinggau Timur II, Kamis (5/9/2019).
in

Akibat Puntung Rokok, Setengah Hektar Lahan Hangus Terbakar

LUBUKLINGGAU, Silmed.id – Lagi-lagi kebakaran lahan kembali terjadi di Wilayah Kota Lubuklinggau. Kali ini lahan milik Doni (39), warga RT.07, Kelurahan Cereme Taba, Kecamatan Lubuklinggau Timur II yang berurusan dengan sijago merah, Kamis (5/9/2019), sekira pukul 16.30 WIB.

Setelah mendapatkan informasi dari warga, bahwa telah terjadi kebakaran lahan di sisi Jl. Harapan, RT.07, Kelurahan Cereme Taba, petugas Pemadam Bahaya Kebakaran (PBK) Dinas Pemadam Bahaya Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPKPB) Kota Lubuklinggau, segera menuju ke lokasi.

“Petugas sampai Pukul 16.40 WIB. dan segera melakukan pemadaman titik api yang telah memakan lahan seluas lebih kurang setengah hektar. Satu unit mobil pemadam dari posko Selatan alhamdulillah mampu memadamkan api sekitar pukul 17.00 WIB,” ungkap Mahali, Kepala Seksi Operasional DPKPB Kota Lubuklinggau, Jum’at (6/9/2019).

Setelah melakukan pemadaman petugas menyisir lokasi lahan yang masih terdapat bara api dan segera melakukan pendinginan.

“Sekira pukul 17.30 WIB petugas kembali ke pos masing-masing, dugaan sementara karena puntung rokok yang dibuang sembarang,” sambung Mahali.

Ia juga tak henti-hentinya mengingatkan kepada masyarakat untuk menjaga lahan dari kebakaran di tengah musim kemarau ini.

“Jangan sembarang membuang puntung rokok atau membakar sampah karena akan menyebabkan kerugian yang lebih besar, bisa-bisa ada korban jiwa,” tutup Mahali.

PENULIS : Bayu Pratama Sembiring
EDITOR : Aulia Azan Siddiq

10 KPM PKH Mengundurkan Diri

Pemkot Lubuklinggau Sayembarakan Logo “Ayo Ngelong Ke Lubuklinggau 2222”