Andre warga Desa Sukamenang, sesampai di Air Terjun Ulu Tiku yang berada di Desa Muara Tiku, Kecamatan Karang Jaya, Kabupaten Muratara, Minggu (11/8/2019). Foto : ist
in

Air Terjun Ulu Tiku yang Masih Alami

MURATARA, Silmed.id – Sudah pernah dengar Air Terjun Ulu Tiku? Salah satu destinasi wisata alam yang berada di Desa Muara Tiku, Kecamatan Karang Jaya, Kabupaten Muratara. Air terjun satu ini namanya memang masih cukup asing di telinga. Belum banyak yang mengenal lebih dalam keindahan pesona air terjun satu ini.

Andre (18), salah satu diantara warga Desa Sukamenang yang beruntung bisa menyaksikannya secara langsung. Pemuda desa Sukamenang yang hobi berpetualan ini menjadi saksi air terjun yang berada di tengah hutan yang masih sangat alami. Diakuinya untuk sampai ke air terjun ini, memakan waktu tempuh empat jam.

“Untuk menuju Desa Muara Tiku, sekitar satu jam dari Lubuklinggau menggunakan mobil atau motor. Lanjut lagi perjalanan salama tiga jam ke lokasi Air Terjun Ulu Tiku, transportasi hanya bisa diakses menggunakan sampan bermesin,” ujarnya.

Namun, untuk sampai ke lokasi air terjun yang berada hutan perawan yang sangat jarang terjamah manusia tidak bisa dilalui dengan kendaraan apapun. Jadi harus berjalan kaki selama lebih kurang satu jam. Perjalanan menang cukup jauh dan melelahkan terlebih medan yang dilalui tidak semuanya mulus. Sebelum sampai ke lokasi Ulu Tiku terdapat Sembilan air terjun dengan ketinggian rata-rata lima meter yang membuat terkagum dengan ciptaan Tuhan.

“Sesampainya di lokasi pemandangannya bagus, airnya jernih, sejuk sekali. Apalagi posisinya berada di ketinggian sehingga kita dapat melihat Sembilan air terjun dengan ketinggian sekitar lima meter yang berada di bawah Air Terjun Ulu Tiku, pokoknya lelah terbayarkan,” ungkap Andre eksklusif kepada Silampari Media, Minggu (11/8/2019)..

Menurut Andre, ada terdapat jalur lain yakni dari Desa Sukamenang dengan melewati kampung KNPI, namun waktu tempuh satu jam lebih lama dari pada rute melalui Desa Muara Tiku.

“Destinasi ini belum dibuka untuk umum dan kurang juga diketahui oleh masyarakat Muratara. Saya berharap dengan bisa meng explore potensi wisata Air Terjun Ulu Tiku ini, biar bisa diketahui banyak orang lagi,” tambahnya.

Bertambahnya lagi daftar potensi wisata alam di Muratara, sudah seharusnya pemerintah serius dalam mengelolanya, sehingga bisa menjadi daya tarik wisatawan baik local maupun mancanegara untuk berkunjung ke Bumi Sebiduk Sehaluan.

Tertarik untuk berkunjung? Kalau mau ke sini wajib bawa persediaan bekal minum dan makanan yang cukup, karena lokasinya memang cukup jauh dari permukiman masyarakat.

PENULIS : Hengki Pransis
EDITOR : Aulia Azan Siddiq

Pemda Salurkan Bantuan Korban Kebakaran Empat Rumah

Diskop UKM Kunjungi UKM Eriyanto, Produsen Ikan Salai dengan Tekhnologi Tepat Guna