in

9.810 Paket Bansos Disalurkan

Aidil Rusman : Bansos Jangan Dipolitisir

MUSIRAWAS,Silmed.id – Sebanyak 9.810 paket bantuan sosial (Bansos), disalurkan pemerintah Kabupaten Musi Rawas, untuk warga terdampak Covid-19.

Pelepasan bantuan dilaksanakan di Halaman Pemkab Musi Rawas, Kamis (10/09/2020).

Adapun paket bantuan berupa beras 10 kilogram, minyak goreng, gula dan kecap. Paket bantuan diperuntukan bagi tetangga terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 160 Kepala Keluarga (KK), Komunitas Adat Terpencil (KAT) 150 KK, warga Kecamatan Tugumulyo 1.800 KK, Jayaloka 1.300 KK, Selangit 1.200 KK, Purwodadi 1.100 KK, Muara Beliti 1.200 KK, Sumberharta 1.000 KK, Tuah Negeri 1.100 KK dan Sukakarya 800 KK.

“Bansos tahap empat, kita prioritaskan warga yang bertetangga dengan pasien terkonfirmasi positif Covid-19, sebab mareka sangat terdampak dengan adanya tetangga yang positif Covid-19. Seperti warung akan terdampak begitu juga dengan pekerja,” kata Asisten 2 Setda Musi Rawas Aidil Rusman saat melakukan pelepasan.

Menurur Aidil, pada Agustus Pemkab Musi Rawas tidak menyalur bansos, karena kondisi Covid-19 sudah mulai redah, namun diakhir Agustus kondisi Covid-19 mulai meningkat, baik di daerah maupun tingkat nasional.

“Awalnya Musi Rawas hijau, lalu meningkat menjadi orange, maka atas dasar pertimbangan itulah bansos tahap empat disalurkan,” papar dia.

Bansos ini sambung Aidil Rusman, untuk warga terdampak Covid-19 dan warga kurang mampu. Data penerima diajuhkan pihak desa melalui kecamatan.

“Saya minta TNI dan Polri ikut mengawasi bansos, jika penerima tidak layak maka silahkan diambil alih dan berikan kepada yang layak atau kembalikan kepada Satgas Covid-19,” ungkapnya.

Ditambah dia, bansos sangat sensitif dan jangan dipolitisir, memang nilai bansos tidak seberapa tapi setidaknya dapat meringankan beban masyarakat.

“Covid-19 makin parah, mari kita galakkan lagi sosialisasi langkah pencegahan,” pungkasnya.

PENULIS : Dedi Ariyanto

21 Pegawai Disdukcapil Mura Dites Swab

Polres Muratara Gelar Patroli Penertiban Penerapan Protokol Kesehatan Penggunaan Masker