in

828 Balita Terjangkit ISPA, Asap Rokok Penyebab Utama

LUBUKLINGGAU, Silmed.id – Sebanyak 828 balita terkena radang paru-paru serta 453 jumlah kunjungan balita yang batuk atau sulit bernafas di Kota Lubuklinggau. Demikian data ISPA yang diperoleh di Kantor Dinas Kesehatan Lubuklinggau bulan September.

Saat ditemui, Kepala Dinas kesehatan, Cikwi Faris melalui Kabid Pemberantasan Pengendalian Pencegahan Penyakit (P2P), dr. Jeannita Agustini Purba melalui Kasi P2P, Depit Kurniawan didampingi Pengelola data Ispa P2P , Yenyen Mariska mengatakan bahwa sebagian kasus tersebut akibat dampak dari asap.

“Asap ini dikarenakan karhutla beberapa waktu lalu. Namun yang paling banyak untuk ISPA itu dikarenakan asap rokok,” jelas Yenyen, kepada Silampari Media Rabu (16/10/219)

Namun pihaknya pun menegaskan, bahwa dampak dari asap tersebut informasi yang mereka peroleh dari 10 Puskesmas, belum ada sampai memakan jiwa.

“Dari informasi yang kami dapatkan hingga saat ini, belum ada pasien yang sampai akut apalagi meninggal,” lanjutnya.

Data tersebut pula, Depit menambahkan jika dibandingkan data tahun lalu kenaikannya tidak terlalu signifikan.

“Kalau dibandingkan dengan data lama itu normal tidak ada kenaikan yang signifikan. Karena untuk wilayah kita juga bukan yang masuk wilayah warning asap,” terangnya.

Dalam upaya pencegahan, ia menerangkan bahwa pihaknya sudah melakukan sosialisasi serta himbauan kepada camat dan lurah, untuk disampaikan kepada masyarakat umum.

“Kami sudah lakukan sosialisasi, himbauan dan komunikasi. Kami juga telah membagi-bagikan masker,” bebernya.

Diakhir pembicaraan, pihaknya pun memberikan himbauan kepada masyarakat dalam hal pencegahan terkena penyakit ISPA.

“Untuk Balita dirumah saja, jangan sering dibawa keluar. Untuk ibu, berikan asi yang cukup karena itu untuk daya tahan tubuh supaya tidak terdampak infeksi saluran pernapasan. Bapak-bapak dirumah juga jangan merokok karena bisa juga mengeluarkan zat bahaya,” tutupnya.

PENULIS: Joefan Saputra 
EDITOR: Dodi Chandra 

Lounching Aplikasi si-Pokat, Gubernur Bagikan HP Android Kepada Ketua RT

Tingkatkan Partisipasi Masyarakat, Inilah Pesan Herman Deru di HUT Lubuklinggau ke-18